Sepak Bola Dunia Ikut Berduka Atas 'Insiden Tragis' di Stadion Kanjuruhan

ADVERTISEMENT

Sepak Bola Dunia Ikut Berduka Atas 'Insiden Tragis' di Stadion Kanjuruhan

ABC Australia - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 16:07 WIB
Presiden FIFA Gianni Infantino menyebut tragedi di Stadion Kanjuruhan sebagai hari yang kelam bagi dunia sepak bola. (AFP: Fabrice Coffrini)
Jakarta -

Dunia sepak bola Indonesia berkabung dengan meninggalnya lebih dari 100 orang di Malang setelah pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya hari Sabtu kemarin (1/10).

Inilah salah satu berita utama dalamDunia Hari ini ABC edisi Senin 3 Oktober 2022.

Doa bersama bagi para korban

Ratusan warga mendatangi Stadion Kanjuruhan, Minggu malam, untuk mendoakan dan mengenang para korban meninggal.

Mereka menyalakan lilin dan berdoa atas meninggalnya setidaknya125 orang dalam peristiwa tersebut.

Ratusan warga juga berkumpul di Jakarta dengan membawa spanduk bertuliskan"Sepak bola Indonesia Berduka" dan "Hentikan Tindakan Brutal Polisi".

Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan penyelidikan mengenai prosedur keamanan dan Presiden FIFA Gianni Infantino menyebutnya sebagai"hari buruk bagi semua yang terlibat dalam sepak bola dan tragedi yang sulit dibayangkan".

Kapolri Listyo Sigit mengatakan jumlah total kematian sejauh ini adalah 125 orang, turun dari angka yang diumumkan sebelumnya, yakni 174 orang, karena beberapa korban dihitung dua kali. Sementara ratusan orang masih dirawat di delapan rumah sakit.

Ukraina kuasai kota penting di kawasan yang dianeksasi Rusia

Pemerintah Ukraina mengklaim sudah berhasil menguasai salah satu kota penting di bagian timur Lyman, yang sebelumnya dikatakan Rusia sudah bersedia bergabung negaranya lewat referendum.

"Lyman sudah dibebaskan sepenuhnya," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam video pendek di Telegram.

Lyman dikenal dengan kota logistik penting dan bisa menjadi tempat bagi Ukraina untuk melakukan lanjutan serangan ke bagian Timur yang dikuasai Rusia.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan dengan dikuasainya Lyman berarti menunjukkan Ukraina mampu menghalau pasukan Rusia dan menunjukkan dampak penggunaan senjata canggih dari Barat untuk membantu Ukraina.

Warga Brasil akan pungut suara dua kali

Pemilihan presiden di Brasil akan dilanjutkan tanggal 30 Oktober, setelah dua calon utama presiden saat ini Jair Bolsonaro, serta penantang kuatnya, mantan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, tidak mencapai suara mayoritas 50 persen dalam pemungutan suara yang digelar Minggu kemarin.

Menurut KPU setempat, dengan 95 persen suara sudah dihitung, Lula da Silva mendapatkan 47,6 persen suara. Sementara Bolsonaro mendapatkan 43,9 persen.

Beberapa survei sebelum pemilihan menunjukkan bahwa Lula unggul sekitar 10-15 persen suara dari Bolsonaro.

Bolsonaro yang berhaluan kanan sudah mempertanyakan hasil jajak pendapat yang menunjukkan ia akan kalah, karena menurutnya ada antusiasme yang diperlihatkan pendukungnya selama kampanye.

Dia juga menyerang integritas sistem pemilihan elektronik, tanpa menunjukkan bukti sama dan memberi pertanda dia tidak akan menerima hasil pemilihan bila dinyatakan kalah.

Awak Crew-5 selesai lakukan gladi resik

Badan Angkasa Luar Amerika Serikat (NASA) dan perusahaan SpaceX mengatakan sudah menyelesaikan gladi resik penuh dalam persiapan peluncuran wahana Crew-5 ke Stasiun Angkasa Luar Internasional.

Misi ini akan membawa dua astronot NASA, yakni Komandan Misi Nicole Mann dan pilot Josh Cassada, bersama dengan astronot Jepang Koichi Wakata dan kosmonot Rusia Anna Kikina.

Ekspedisi yang akan mereka lakukan adalah berkaitan dengan penelitian sains.

Peluncuran akan dilakukan Rabu besok dari Pusat Peluncuran Kennedy milik NASA di Florida.

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT