ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Ukraina Akan Memenangkan Perang dengan Rusia?

ABC Australia - detikNews
Kamis, 15 Sep 2022 15:48 WIB
Presiden Volodymyr Zelensky menyanyikan lagu kebangsaan Ukraina saat bendera dikibarkan di kawasan Izium. (AP:Ukrainian Presidential Press Office)
KIev -

Bagaimana pekan Anda sejauh ini? Sabar, akhir pekan hanya tinggal dua hari lagi.

Di edisi Kamis, 15 September 2022, Dunia Hari Ini akan merangkum sejumlah laporan utama untuk Anda yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Kita mulai dari Ukraina.

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan tentara Ukraina sudah membebaskan kawasan seluas 8.800 kilometer persegi sejauh ini dan pasukannya akan mulai mengambil kembali kawasan Lyman.

Rabu kemarin (14/09) Presiden Zelenskyy mengunjungi Izium, kota yang empat hari lalu masih menjadi benteng utama dan pusat logistik Rusia.

Di tempat itulah Presiden Zelenskyy menyaksikan bendera Ukraina dikibarkan di depan gedung dewan kota yang hangus. Dalam unggahan di saluran Telegram kepresidenan, ia mengatakan:

"Bendera biru-kuning kami sudah berkibar di Izium yang tidak lagi diduduki. Dan itu akan terjadi di setiap kota dan desa Ukraina."

Situasi bulan ini berbalik secara drastis setelah pasukan Ukraina melakukan serangan lapis baja yang cepat di wilayah timur laut Kharkiv dan memaksa Rusia menarik pasukannya dari sana.

Antrean empat kilometer untuk lihat peti Ratu

Ratu Elizabeth II untuk terakhir kalinya meninggalkan Istana Buckingham di London, Inggris.

Peti jenazahnya kemarin siang waktu setempat dibawa ke Westminster Hall yang berjarak dua kilometer dari Istana Buckingham dengan menggunakan kereta kuda.

Ikut berjalan dalam prosesi tersebut adalah keempat anak Ratu Elizabeth: King Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward, juga cucu-cucunya, Pangeran William, Pangeran Harry, dan Peter Phillips.

Ratu Elizabeth II disemayamkan Westminster Hall sampai Senin minggu depan (19/09) untuk memberi kesempatan rakyat Inggris memberikan penghormatan terakhirnya.

Semalam, antrean warga yang datang ke Westminster Hall mencapai 4 kilometer.

Setidaknya 750.000 orang diperkirakan akan mengunjungi Westminster Hall selama beberapa hari mendatang.

Kecelakaan bus di Kashmir tewaskan 11 orang

Sebelas orang tewas setelah sebuah bus jatuh ke jurang sedalam 75 meter di Kashmir, wilayah yang dikuasai India.

Kantor berita Press Trust of India (PTI) melaporkan, sedikitnya 40 orang yang sebagian besar adalah mahasiswa, berada di dalam bus ketika kecelakaan itu terjadi di dekat Sawjian, sebuah desa di distrik Poonch Jammu pada hari Rabu (14/09).

Upaya penyelamatan telah dilakukan oleh tentara, polisi, dan penduduk desa setempat.

Sembilan orang tewas di tempat kejadian, sementara dua lainnya meninggal di rumah sakit.

Pemerintah setempat mengatakan 29 orang yang terluka berada dalam kondisi kritis, termasuk enam orang yang diterbangkan ke rumah sakit di Jammu.

Unjuk rasa terkait harga BBM berlanjut

Dari tanah air, Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) hari ini bakal menggelar aksi demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Muhammad Yuza Augusti mengatakan, aksi yang akan digelar di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat ini merupakan kelanjutan dari aksi yang dilakukan 8 September lalu.

Saat itu, BEM SI memberikan ultimatum 7X24 jam untuk memenuhi tuntutan mahasiswa.

"Jika tidak dipenuhi, maka Aliansi BEM SI akan kembali turun aksi dengan massa yang lebih banyak lagi," sambungnya.

Tiga poin yang disodorkan BEM SI adalah menuntut pemerintah mencabut keputusan kenaikan BBM, menunda proyek strategis nasional yang tidak berdampak langsung pada masyarakat dan mengalihkan anggarannya ke subsidi BBM, serta menerapkan regulasi pemakaian BBM bersubsidi secara tegas.

'Dia seperti aku!'

Apa yang terjadi jika penampakan tokoh putri favorit Anda dalam sebuah kisah dongeng terlihat seperti Anda?

Orangtua di seluruh dunia telah membagikan rekaman saat anak-anak mereka melihat Halle Bailey muncul sebagai Ariel yang berkulit hitam di cuplikan film baru Disney, The Little Mermaid.

Ya, gadis-gadis dan anak-anak keturunan Afrika merasa senang melihat diri mereka diwakili salah satu putri Disney.

Video tersebut, yang telah dilihat jutaan kali, memberi banyak dukungan untuk Halle Bailey yang memerankan Ariel.

"Orang-orang telah mengirimkan reaksi ini kepada saya sepanjang akhir pekan dan saya benar-benar kagum," tulis aktris itu di Twitter.

"Ini sangat berarti untuk saya."

Lihat juga video 'Kanselir Jerman: Putin Nggak Sadar, Memulai Perang Adalah Kesalahan':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/nvc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT