ADVERTISEMENT

Dunia Hari Ini: Siapa Pelaku Penusukan di Kanada yang Tewaskan 10 Orang?

ABC Australia - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 16:50 WIB
Polisi Kanada sedang memburu Damien Sanderson dan Myles Sanderson yang diumumkan sebagai tersangka penusukan di provinsi Saskatchewan. (Reuters: RCMP)
Jakarta -

Selamat hari Senin! Semoga akhir pekannya sukses me-recharge energi untuk pekan yang baru.

Supaya tidak ketinggalan berita, kami rangkumkan berita-berita utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir di Dunia Hari Ini, Senin, 5 September 2022, produksi ABC Indonesia.

Sepuluh orang tewas ditusuk di Kanada

Sepuluh orang tewas dan setidaknya 15 orang lainnya terluka dalam serangkaian penusukan di provinsi Saskatchewan, Kanada.

Polisi setempat mengatakan mereka sedang memburu dua orang tersangka, Damien Sanderson dan Myles Sanderson yang menggunakan mobil Nissan Rogue hitam.

Menurut polisi, korban yang tewas dan terluka ditemukan di 13 lokasi yang berbeda.

Rhonda Blackmore, Asisten Komisaris Kepolisian Kanada (RCMP) Saskatchewan mengatakan beberapa korban penusukan nampaknya telah disasar oleh para tersangka, sementara sisanya menjadi korban penusukan acak.

"Yang terjadi di provinsi kita hari ini sangat mengerikan," tutur Rhonda seraya menambahkan bahwa motif di balik penusukan tersebut belum diketahui.

Prabowo-Puan akan berpasangan di Pilpres?

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, mengajak Ketua DPP Partai PDI-P, Puan Maharani, berkuda bersama di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (04/09).

Aktivitas bersama ini dilihat sebagai sinyal bahwa keduanya akan maju berpasangan pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

"Jadi kalau Anda tanya memungkinkan atau tidak memungkinkan [berpasangan pada Pilpres], dari segi teori kemungkinan, ya pasti memungkinkan," kata Prabowo kepada wartawan.

Lantas apa komentar Puan?

"Kalau kemudian ditanya apakah ada kemungkinan [berpasangan dengan Prabowo], ya semua itu menurut saya ada kemungkinan, tidak ada yang tidak mungkin di politik demi kemajuan bangsa dan negara," tutur Puan, yang juga mengadakan pertemuan empat mata dengan Prabowo.

Ada yang tidak datang di pemakaman Mikhail Gorbachev

Ribuan rakyat Rusia memberikan penghormatan terakhir mereka kepada Mikhail Gorbachev, pemimpin terakhir Uni Soviet, yang disemayamkan di peti yang terbuka.

Kebanyakan dari mereka mengatakan mereka menghormati Gorbachev dan mengenangnya sebagai "pembawa perdamaian" yang telah membebaskan mereka.

Gorbachev yang memimpin Uni Soviet dari 1985 hingga 1991 meninggal Selasa (30/08) pekan lalu dalam usia 91 tahun. Ia pernah meraih Nobel Perdamaian di tahun 1990 dengan perannya mengakhiri Perang Dingin.

Gorbachev dimakamkan di taman makam Novodevichy di Moskow, di sisi makam istrinya, Raisa, yang meninggal dunia tahun 1999. Tapi Presiden Vladimir Putin tidak menghadirinya dengan alasan jadwalnya sibuk, meski sempat memberikan penghormatannya Kamis pekan lalu.

Sebelum dimakamkan, jenazah Gorbachev disemayamkan di gedung Hall of Columns di pusat kota Moskow mengikuti tradisi yang dilakukan kepada para pemimpin Soviet sebelumnya, termasuk Vladimir Lenin dan Josef Stalin.

Siapa yang akan menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru?

Kemungkinan siapa yang jadi Perdana Menteri Inggris ada dua, antara Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss atau mantan Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak.

Warga Inggris akan tahu pengumumannya hari Senin ini pada pukul 12:30 waktu setempat.

Tidak seperti tradisi sebelumnya, di mana Ratu Elizabeth II akan mengukuhkan PM Inggris di Istana Buckingham di London, PM Inggris yang baru akan dikukuhkan besok di Kastil Balmoral di Skotlandia, tempat Ratu menghabiskan musim panasnya.

Besok siang, Boris Johnson, PM yang mundur pada Juli lalu akan membacakan pernyataan di depan kantor PM di Downing Street di London sebelum bertolak ke Skotlandia untuk menyampaikan pengunduran resmi dirinya.

Turnamen Tenis Amerika Terbuka makin seru

Dan dari dunia olahraga, petenis Australia Nick Kyrgios pagi ini (05/09) mengalahkan petenis nomor satu dunia asal Rusia, Daniil Medvedev tiga set langsung.

"Daniil adalah juara bertahan, jadi saya merasakan beban yang berat di pundak saya, tapi saya telah bermain dengan baik."

Di babak selanjutnya besok, Kyrgios akan menghadapi Karen Khachanov.

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT