Dari Pertanyaan Jebakan hingga Kecelakaan, Ini Rangkuman Minggu Pertama Kampanye Pemilu Australia

ABC Australia - detikNews
Selasa, 19 Apr 2022 14:44 WIB
Scott Morrison bertatapan dengan seekor llama selama kunjungan di Pertunjukan Paskah bersama keluarganya di Sydney. (ABC News: Luke Stephenson)
Jakarta -

Ini merupakan minggu kedua para kandidat Perdana Menteri Australia beserta partainya melakukan kampanye menjelang Pemilihan Umum yang akan berlangsung 21 Mei mendatang.

Namun, tidak dapat dihindari bahwa di minggu pertama, terdapat beberapa kejadian yang mendapat sorotan media dan pengguna media sosial dalam momen kampanye ini.

Berikut adalah beberapa peristiwa yang menjadi"highlight"dari kegiatan kampanye para kandidat di minggu lalu.

Kesalahan menyebutkan figur angka

Australia sempat dihebohkan dengan bagaimana Anthony Albanese dari Partai Buruh tidak bisa menjawab sebuah pertanyaan di hari pertama kampanyenya.

Ketika itu, Albanese yang sedang berbicara di wilayah dengan perwakilan daerah Partai Liberal bernama Bass menerima pertanyaan wartawan tentang nilai tunai Reserve Bank dan angka pengangguran.

Ia terlihat kesulitan menjawab pertanyaan itu.

"Berapa angka pengangguran nasional?," tanya seorang wartawan.

"Angka pengangguran nasional sekarang? Menurut saya lima koma ...empat koma ...maaf. Saya tidak tahu berapa," jawab Albanese.

Akhirnya, menteri bayangan keuangan dari Partai Buruh, Katy Gallagher maju untuk menjawabnya.

"Angka pengangguran ada di angka empat persen," katanya.

Di hari yang sama, Albanese meminta maaf atas kegagalannya menyebut angka tersebut.

"Saya manusia, namun ketika saya berbuat kesalahan, saya akan mengakuinya dan berusaha memperbaikinya," ujar Albanese.

"Saya tidak akan menyalahkan siapapun, saya akan menerima tanggung jawab. Ini yang dilakukan seorang pemimpin."

Menanggapi hal ini, Perdana Menteri Scott Morrison yang mewakili Partai Liberal pun menekankan bahwa dirinya bisa menyebut kedua angka ini dengan benar sejam sebelum Albanese menerima pertanyaan itu.

Mengunjungi pabrik sehari sebelum rencana mengurangi karyawan

Di hari kedua kunjungannya, Perdana Menteri Scott Morrison menuju sebuah pabrik milik Rheem Australia di daerah Rydalmere, NSW.

Di sana, Morrison menekankan bagaimana pemerintahannya akan menciptakan 1,3 juta pekerjaan sampai tahun 2027.

Namun, pada kenyataannya, pabrik tempatnya berkampanye tersebut berencana untuk menghilangkan beberapa posisi karyawan dalam rencana memindahkan beberapa operasinya ke Vietnam.

Dalam pernyataannya, pemimpin Rheem, Chris Taylor mengatakan setidaknya "nol sampai 50 posisi" akan hilang dari pabrik tersebut.

"Perubahan ini dilakukan untuk memastikan agar perusahaan kami tetap dapat bersaing dalam hal impor dan menunjang keberadaan tiga fasilitas manufaktur Australia," ujar pemimpin perusahaan tersebut.

Kandidat Partai Hijau menyuruh wartawan mencari jawaban di Google

Pemimpin Partai Hijau Adam Bandt sementara itu menyuruh seorang wartawan untuk mencari jawaban di Google atas pertanyaan mengenai indeks angka gaji.

"Google it, mate!" ujarnya pada wartawan.

"Pemilihan Umum seharusnya menjadi kontes ide. Politik adalah tentang mencapai yang terbaik dan mencapai masyarakat yang lebih baik," katanya.

"Tapi justru pertanyaan seperti ini yang ditanyakan - 'apakah Anda bisa memberitahu angka statistik sekian?'"

Meski demikian, Bandt pada akhirnya menjawab pertanyaan tersebut dan mengatakan bahwa nilai gaji di Australia sudah naik 2 sampai 3 persen, yang kenyataannya akurat menurut Biro Statistik Australia.

Dalam kampanyenya, Bandt juga sempat menuduh PM Scott Morrison membahayakan kehidupan banyak orang karena menyetujui permintaan kandidat Liberal Katherine Deves untuk melarang transpuan bertanding di pertandingan olahraga perempuan.

Sempat terjadi kecelakaan

Perdana Menteri Morrison membatalkan jadwal kampanyenya di Tasmania ketika ada salah satu pihak keamanan dari timnya yang mengalami kecelakaan di hari Kamis.

Di dalam mobil, terdapat dua orang polisi federal dan dua polisi lain dari Tasmania.

Keempat polisi tersebut segera dibawa ke rumah sakit dan dikabarkan luka-luka ringan.

PM Morrison mengatakan lega mereka selamat dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Akhir pekan para kandidat

Para kandidat terlihat beribadah di gereja untuk merayakan Jumat Agung.

Pada kesempatan di akhir pekan, pemimpin Partai Buruh Anthony Albanese juga sempat mengunjungi klinik kanker di Cairns, sementara PM Morrison menghadiri acara Paskah di Sydney di mana ia juga difoto bersama llama.

Minggu ini, PM Morrison masih berada di Perth, sementara Albanese di Brisbane untuk melanjutkan kampanye minggu kedua mereka.

Diproduksi oleh Natasya Salim dari beberapa laporan ABC News dalam bahasa Inggris.

Simak juga video 'Momen PM Australia Dimaki-maki Warga saat Kampanye':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)