Perintah Evakuasi Diberlakukan untuk Penduduk Sydney Akibat Banjir Bandang

ABC Australia - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 14:21 WIB
Kendaraan yang terjebak banjir di jalan Harbord Road di Brookvale, Sydney, pada hari Rabu (07/04/2022). (Supplied: Manly Observer)
Jakarta -

Curah hujan tinggi yang terus berlanjut telah menyebabkan banjir bandang di seluruh wilayah Sydney.Penduduk di selatan ibu kota New South Wales diperintahkan untuk evakuasi.

Penduduk yang tinggal di wilayah dataran rendah Woronora dan Bonnet Bay, di Sutherland Shire, telah diberikan waktu untuk mengungsi hingga 11:30 pagi, hari Kamis ini(07/04).

Peringatan evakuasi diberlakukan untuk daerah-daerah tersebut sejak pukul 05.00 pagiakibat naiknya permukaan air di Sungai Woronora.

Sekitar pukul 9 pagi, peringatan evakuasi juga dikeluarkan untuk pusat kota Picton di barat daya Sydney, karena hujan lebat menyebabkan Stonequarry Creek meluap.

Seorang warga Woronora, Linda Janssen, yang rumahnya berada di ketinggian membelakangi sungai mengaku "belum pernah melihat sungai mengalir sederas ini sebelumnya".

"Saya agak khawatir," ujarnya.

"Rumah kami agak tinggi, namun mereka yang rumahnya lebih rendah tentunya sangat mengkhawatirkan," kata Linda.

Selain pusat kota Picton, perintah evakuasi juga dikeluarkan untuk sebagian wilayah Camden karena luapan sungai diperkirakan akan mengisolasi penduduk di sana.

Layanan Darurat Negara Bagian (SES) mengatakan penduduk harus bersiap untuk meninggalkan rumah dalam beberapa jam ke depan.

Di Kogarah, banjir bandang menggenangi jalan Princes Highway sekitar pukul 3 pagi, sementara beberapa penghuni panti jompo dievakuasi semalaman saat air memasuki gedung.

Minyak dan solar juga tumpah dari kilang milik Caltex di Kurnell setelah salah satu pompa tidak berfungsi di fasilitas tersebut.

SES mengatakan pengendara harus menghindari daerah ini karena beberapa jalan telah ditutup.

Sydney telah melampaui curah hujan rata-rata tahunan setelah mengalami kondisi satu hari paling basah untuk 2022 dalam 24 jam terakhir.

Lebih dari114 milimeter hujan tercatat di tempat pemantauan Observatory Hill di pusat kota pagi ini.

Curah hujan yang tercatat sejak semalam mencapai 107mmdi Cronulla Bowls Club dalam tiga jam hingga 01:10 pagi ini.

Begitu juga curah hujan yang tercatat di Little Bay hanya dalam tempo enam jam.

SES memperingatkan kemungkinan banjir besar di Liverpool, Milperra dan Menangle, di barat daya Sydney, pada sore atau malam ini.

Sungai Georges River dan Upper Nepean kemungkinan akan mengalami banjir besar.

Banjir skala kecil hingga sedang mungkin terjadi di sepanjang sungai Nepean, Hawkesbury, dan Colo.

Di bagian barat kota, banjir kecil diperkirakan terjadi di sungai Cooks di daerah Tempe.

Banjir telah menghentikan lalu lintas di Northern Beaches setelah penutupan jalan di Manly, Wakehurst, Narrabeen, Dee Why, dan Brookvale.

Warga dihimbau untuk menghindari daerah tersebut, sementara postingan di media sosial menunjukkan mobil-mobil berusaha menyeberangi menerjang banjir di pusat kota Manly.

Kemarin, Biro Meteorologi mengeluarkan peringatan cuaca buruk untuk area yang meliputi Newcastle di utara hingga Bega di bagian selatan New South Wales.

Kondisi curah hujan tinggi diperkirakan akan mereda pada Rabu malam.

Diproduksi oleh Farid Ibrahim dari artikel ABC News untuk ABC Indonesia

(ita/ita)