Cara Mendapatkan Bantuan Keuangan untuk Korban Banjir di Australia

ABC Australia - detikNews
Selasa, 15 Mar 2022 09:26 WIB
Banyak wilayah di negara bagian Queensland dan New South Wales telah ditetapkan sebagai area bencana. (ABC North Coast: Bronwyn Herbert)
Jakarta -

Inilah beberapa saluran yang bisa diakses untuk mendapatkan bantuan uang tunai bagi mereka yang menjadi korban banjir di negara bagian New South Wales dan Queensland, Australia.

Bila Anda terdampak banjir, tentu saja fokusnya pada upaya pemulihan kembali secara finansial. Apalagi bila telah kehilangan rumah, mobil, harta benda bahkan penghasilan dan belum bisa kembali bekerja.

Hal pertama yang harus dihubungi adalah perusahaan asuransi. Itu jika Anda memiliki polis asuransi.

Berikut ini beberapa saluran yang bisa digunakan untuk mendapatkan bantuan dukungan keuangan mendesak.

Pemerintah federal

Terdapat beberapa cara untuk mengakses bantuan uang tunai melalui layanan Services Australia.

Belasan wilayah pemerintah daerahdi Queensland Tenggara dan New South Wales Utara telah dinyatakan sebagai zona bencana. Bila tinggal di zona bencana, Anda berhak mengakses bantuan keuangan dengan cepat.

Ada pembayaran satu kali bernama Pembayaran Pemulihan Bencana Pemerintah Australia senilai $1.000 untuk setiap orang dewasa yang memenuhi syarat dan $400 untuk setiap anak yang memenuhi syarat.

Bila tinggal diRichmond Valley,LismoredanClarence Valley, Anda juga berhak mengakses dua kali pembayaran (total A$2.000, atau sekitar Rp20 juta,untuk dewasa dan A$800 atau sekitar Rp8 juta,untuk anak-anak).

Berikut cara mengakses bantuan tersebut di NSW dan Queensland.

Untuk mendapatkan akses, Anda harus benar-benar terkena dampak banjir. Mulai dari mengalami cedera, kerusakan rumah Anda atau merupakan anggota keluarga dari korban meninggal akibat banjir.

Bantuan hanya berlaku bagi mereka yang secara permanen tinggal di zona bencana, bukan untuk orang yang hanya memiliki rumah liburan atau properti investasi.

Anda juga harus merupakan penduduk Australia (ada hibah serupa untuk pemegang visa Selandia Baru yang memenuhi syarat).

Untuk mengakses bantuan pemerintah ini, Anda harus mendaftar melalui Services Australia kapan saja dalam enam bulan ke depan dan mungkin akan dimintai bukti-bukti.

Jika mengalami kehilangan penghasilan akibat banjir, ada bantuan Disaster Recovery Allowance. Ini adalah pembayaran setiap dua minggu hingga 13 minggu untuk karyawan dan pengusaha kecil.

Skema Disaster Recovery Allowance memiliki nilai setara dengan tunjangan pencari kerja JobSeeker (misalnya, untuk seorang lajang tanpa anak, A$629,50 per dua minggu) atau tunjangan generasi muda Youth Allowance (Untuk lajang tanpa anakjumlahnya A$530,40 per dua minggu).

Bantuan ini khusus untuk mereka yang bekerja atau tinggal di salah satu zona bencana dan berpenghasilan kurang dari A$1.737,10 per bulan.

Anda tidak bisa mendapatkannya jika sudah mendapatkan pembayaran dukungan pendapatan pemerintah lainnya.

Jika Anda pengusaha pertanian dan peternakan (lazim disebut primary producer), ada hibah hingga $75.000, sementara untuk pengusaha kecil dapat mengakses hingga A$50.000.

Opsi lainnya di Queensland

Jika Anda warga Queensland dari salah satu daerah yang terdampak banjir, ada beberapa cara lagi untuk mengakses bantuan uang tunai dengan cepat.

Lihat secara online di Community Recovery Grants Portal atau melalui pusat kegiatan masyarakat di wilayah masing-masing. Di situlah Anda akan mengajukan permohonan hibah ini.

Anda mungkin dapat menerima A$180 per orang (sampai A$900 untuk satu keluarga) untuk kebutuhan penting yang mendesak seperti membeli makanan, pakaian, perlengkapan medis, atau akomodasi sementara.

Hibah Bantuan Kesulitan Darurat ini tidak meminta syarat yang terkait dengan pendapatan atau aset.

Anda hanya perlu menunjukkan SIM, kartu Medicare, detail rekening bank, dan alamat email yang valid untuk mendaftar.

Hibah lain yang tersedia

Jika layanan dasar di rumah Anda terputus selama lebih dari lima hari (listrik, gas, air, atau saluran pembuangan), Anda mungkin memenuhi syarat mendapatkan bantuan A$150 per orang (maksimal A$750 untuk satu keluarga).

Bantuan ini tidak mensyaratkan besarnya pendapatan seseorang.

Ada sejumlah hibah untuk mereka yang tidak diasuransikan dan berpenghasilan rendah.

Salah satunya, hibah untuk penyambungan kembali layanan dasar (hingga A$4.200 untuk pekerjaan perbaikan dan A$200 untuk inspeksi).

Kemudian batuan uang untuk membeli isi rumah jika Anda tidak diasuransikan dan berpenghasilan rendah. Nilainya hingga A$1.765 untuk dewasa lajang atau A$5.300 untuk pasangan/keluarga.

Dan ada juga hibah untuk perbaikan rumah (senilai hingga hampir A$11.000 untuk orang dewasa lajang atau hanya di bawah A$15.000 untuk pasangan/keluarga).

Anda memiliki waktu hingga 26 Maret untuk mengajukan hibah bantuan kesulitan ini.

Mungkin juga ada baiknya menghubungi Pemerintah Kotasetempat untuk menanyakan dukungan apa yang dapat mereka berikan.

Misalnya, penduduk di Kota Brisbane akan menerima potongan A$250 dari tagihan kebutuhan dasar berikutnya.

Jika Anda dari New South Wales

Jika rumah Anda rusak karena banjir, mungkin Anda memenuhi syarat mendapatkan Dana Bantuan Bencana untuk membangun kembali standar hidup dasar.

Ini diperuntukkan bagi merekayang tidak memiliki asuransi dan berpenghasilan rendah.

Saat ini tidak banyak informasi yang tersedia secara online. Tapi Anda bisa mencoba menelepon Layanan NSW (13 77 88) dan menanyakan Hibah Bantuan Bencanayang dikelola oleh Resilience NSW.

Operator yang dihubungi ABC tidak memiliki detail tentang hibah yang ada.

Paket bantuan perumahan untuk NSW akan memberikan dukungan sewa selama 16 minggu bagi mereka yang membutuhkannya, melayani hingga 25.000 orang.

Untuk rumah tangga satu orang bisa mendapatkan hingga A$6.000, sedangkan untuk rumah tangga yang lebih besar hingga A$18.000.

Jika Anda pemilik usaha kecil

Anda mungkin memenuhi syarat untuk hibah usaha kecil hingga $50.000 untuk biaya pembersihan, serta pinjaman bencana hingga $130.000.

Pinjaman ini berbunga rendah (0,8 persen) untuk jangka waktu hingga 12 tahun untuk membantu memperbaiki kerusakan yang tidak ditanggung oleh asuransi.

Jangan lupa menghubungi bank

Sebagian besar pemberi pinjaman memiliki kebijakan untuk membantu pelanggan yang terdampak bencana alam.

Anda mungkin memenuhi syarat keringanan pembayaran jangka pendek untuk kredit rumah, kartu kredit, atau pinjaman pribadi.

Beberapa pemberi pinjaman membebaskan biaya atau memberikan potongan suku bunga.

Jangan lupa untuk bertanya kepada pemberi pinjaman Anda tentang bantuan kesulitan juga.

Berikut daftar lengkap bank pemberi pinjaman di Australia.

Beberapa pemberi pinjaman bahkan memberikan pembayaran tunai kepada pelanggan.

NAB memberikan hibah darurat A$1.000 kepada pelanggan untuk menutupi biaya akomodasi sementara, makanan dan pakaian (syarat dan ketentuan berlaku).

Bank ini juga menawarkan hibah A$1.000 untuk membantu membuka kembali bisnis.

Westpac menawarkan hibah tunai kepada pengusaha kecil sebesar A$3.000 untuk membantu pengeluaran atau perbaikan yang mendesak.

Tagihan layanan dasar

Sebagian besar penyedia layanan dasar juga memiliki kebijakan untuk membantu ketika Anda menghadapi kesulitan keuangan.

Hubungi atau email penyedia listrik, gas, air, telekomunikasi dan internet dan tanyakan tentang kebijakan tersebut.

Perusahaan mungkin menunda atau mengabaikan tagihan Anda.

Penyedia jasa telekomunikasi Telstra menawarkan pengalihan panggilan gratis jika Anda harus meninggalkan rumah atau bisnis karena bencana.

Perusahaan ini juga menyediakan paket data atau panggilan tambahan untuk pelanggan seluler.

Anda akan mendapatkan SMS jika memenuhi syarat.

Bantuan badan amal

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk mengakses bantuan adalah dengan mencarinya secara lokal.

Badan amal memiliki perwakilan di kota atau pusat evakuasi yang menawarkan segala macam bantuan.

Misalnya, Komunitas Northern Rivers di Lismore memberikan voucher supermarket, makanan, perlengkapan mandi, tempat tidur, pakaian, dan barang-barang rumah tangga lainnya kepada orang-orang.

Badan amal lain seperti Palang Merah, St Vincent de Paul, Bala Keselamatan dan Bank Makanan menyediakan makanan, air, pakaian, bantuan keuangan untuk tagihan di sejumlah daerah yang terkena dampak banjir.

Para petani mungkin dapat mengakses kebutuhan pokok seperti bahan bakar, bahan makanan, dan obat-obatan dengan menghubungi badan amal Aussie Helpers.

Bantuan selalu tersedia

Terakhir, jika Anda lebih menyukai bantuan dari crowdsource, ada platform donasi yang disebut GIVIT.

Anda perlu terhubung dengan organisasi bersangkutan yang dapat menilai kebutuhan Anda.

Mereka dapat membantu Anda membuat daftar barang apa yang Anda butuhkan dan donor dapat mengirimkan barang tersebut atau membayarkannya untuk Anda.

Untuk bantuan hubungi:

PERINGATAN: Artikel ini hanya informasi umum. Jika Anda membutuhkan saran individu, silakan temui profesional yang terkait.

Diproduksi oleh Farid Ibrahim dari artikel ABC News.

Simak juga 'Saat 9 Warga Tewas Akibat Banjir di Pesisir Timur Australia':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)