Studi Terbaru Menemukan Orang yang Pakai Masker Bedah Terlihat Lebih Menarik

ABC Australia - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 12:38 WIB
Penelitian yang dilakukan oleh Cardiff University menemukan para perempuan menilai pria terlihat lebih menarik ketika memakai masker bedah. (AP: Michael Probst)
Jakarta -

Sebuah studi terbaru yang dilakukan para peneliti di Inggris menemukan jika memakai masker bisa membuat Anda terlihat menarik, apalagi jika memakai masker bedah berwarna biru.

Studi ini dilakukan oleh Cardiff University setelah tujuh bulan pemakaian masker diwajibkan di Inggris.

Mereka ingin tahu apakah pandemi COVID-19 telah mengubah persepsi warga soal ketertarikan terhadap orang lain.

"Dari penelitian sebelum pandemi ditemukan jika pemakaian masker mengurangi daya tarik seseorang," ujar Michael Lewis dari fakultas psikologi di Cardiff University.

"Jadi kita melakukan penelitian lain untuk melihat apakah ada yang berubah sejak banyak orang memakai masker di tengah pandemi, sekaligus mencari tahu masker jenis apa yang punya pengaruh," tambahnya.

Studi ini sudah ditinjau oleh peneliti lainnya dan dimuat di jurnal 'Cognitive Research: Principles and Implications'.

Sebanyak 43 perempuan dilibatkan dalam studi tersebut. Mereka diminta untuk memberikan nilai terhadap 40 orang pria yang memakai berbagai jenis masker, atau yang tidak memakainya sama sekali.

Michael mengaku jika hasil temuan dari studi ini mengejutkan.

"Yang paling menarik perempuan adalah pria yang menggunakan masker bedah," jelasnya.

"Ini mungkin karena kita biasa melihat pekerja kesehatan memakai masker bedah warna biru dan kita menghubungkannya dengan orang yang merawat orang lain atau profesi medis."

Penelitian ini akan dikembangkan untuk melihat apakah hasilnya sama bagi para pria melihat perempuan yang menggunakan masker.

Hubungan simbol dan daya tarik

Penelitian sama yang pernah dilakukan di Jepang dan diterbitkan di jurnal 'i-Perception' pada tahun 2021.

Studi tersebut melibatkan 286 pria dan perempuan dan menemukan wajah perempuan terlihat lebih menarik dan lebih sehat ketika menggunakan masker.

Dr Khandis Blake, seorang psikolog dari University of Melbourne, menjelaskan masker bedah berwarna biru memang dianggap sebagai sebuah simbol dari keahlian dan daya tarik.

Tapi juga dengan menggunakan masker artinya dianggap bertanggung jawab terhadap kesehatan sendiri dan orang lain, yang juga menjadi daya tarik tersendiri.

"Terutama dalam hal ketertarikan perempuan terhadap pria. Simbol yang menggambarkan status tinggi membuat kita terlihat lebih menarik, seperti memakai jas laboratorium," ujarnya.

"Tapi saya yakin banyak ilmuwan pria yang merasa memakai jas lab tidak membuat perempuan mengejar mereka … tapi ini jadi tanda saja jika rata-rata pria terlihat lebih menarik jika status mereka lebih tinggi."

Keluhan pemakaian masker di aplikasi kencan

Sementara itu di Korea Selatan, ada istilah 'magikkun' yang merujuk pada pengguna aplikasi kencan yang foto profil-nya menggunakan masker, tapi malah "menipu" pengguna lainnya.

Banyak di antara pengguna aplikasi kencan yang mengeluhkan agar sebaiknya dibuat aturan tentang profil 'magikkun'.

Tapi Dr Blake mengatakan tidak ada bedanya pengguna aplikasi kencan yang memakai masker dengan yang menggunakan 'make up' untuk menutup noda-noda di wajah.

"Ada yang mengambil selfie dari sudut tertentu supaya membuat wajah terlihat lebih baik … masker juga memiliki manfaat yang sama, setidaknya untuk foto profil," ujarnya.

Tapi Dr Blake menegaskan jika daya tarik seseorang berubah karena pandemi, justru cara kita untuk terlihat menarik telah disesuaikan dengan kondisi saat ini.

(ita/ita)