Batasan Jumlah Jam Kerja Pelajar Internasional di Australia Dilonggarkan

ABC Australia - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 16:48 WIB
Jakarta -

Pemerintah Australia telah mengumumkan pelonggaran jumlah kerja pelajar internasional di Australia.

Sebelumnya mereka yang mengantongi visa pelajar hanya diperbolehkan bekerja maksimal 40 jam dalam dua pekan.

Pelonggaran yang diumumkan kini memperbolehkan pelajar internasional untuk bekerja dengan jumlah jam yang lebih lama, jika mereka bekerja di bidang-bidang yang telah ditentukan.

Mengapa pelonggaran dilakukan?

Pemerintah Australia membuat perubahan besar pada persyaratan visa pada 5 Januari 2021 lalu.

Dari situs resmi Kementerian Imigrasi Australia disebutkan pelonggaran dan pendekatan yang lebih fleksibel bagi pelajar internasional diberikan "karena keadaan luar biasa selama pandemi COVID-19."

Penutupan perbatasan Australia untuk warga asing yang tidak memiliki status warga negara atau penduduk tetap Australia sejak Maret lalu, telah menyebabkan para petani di Australia kekurangan puluhan ribu tenaga kerja.

A man rakes apricots in in an orchard

Sejak pandemi COVID-19, petani di Australia telah melaporkan kekurangan tenaga kerja khususnya menjelang musim panen. (Supplied)

Pemegang visa pelajar tidak perlu mengajukan permohonan untuk pelonggaran sementara ini.

Anda yang sudah bekerja di sektor-sektor yang dijelaskan di bagian atas tinggal menghubungi pihak yang memperkerjakan Anda

Pemerintah Australia mengatakan pelonggaran sementara ini akan ditinjau secara teratur dan Departemen Dalam Negeri Australia akan mengumumkan jika pelonggaran ini tidak akan lagi berlaku.

Artikel ini diproduksi oleh Erwin Renaldi

(ita/ita)