Brisbane 'Lockdown' Tiga Hari untuk Hentikan Penularan Jenis Baru Virus Corona

ABC Australia - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 13:15 WIB
Jakarta -

Terhitung pukul 18:00 malam ini waktu setempat, warga di Brisbane, Logan, Ipswich, Moreton dan Redlands harus diam di rumah sampai pukul 18:00 hari Senin.

Keputusan tersebut diambil setelah seorang petugas kebersihan di hotel karantina Brisbane mengembalikan hasil tes positif tertular jenis baru virus corona asal Inggris dan sudah beraktivitas selama lima hari.

Semua warga di daerah di kawasan tersebut hanya bisa keluar jika harus melakukan pekerjaan esensial, membantu merawat orang rentan, atau harus berbelanja atau olahraga di sekitar rumah.

Masker wajib digunakan warga yang harus keluar rumah, dengan pengecualian bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Restoran dan kafe akan dipaksa untuk hanya menyediakan layanan 'takeaway', sementara bioskop, gereja, tempat hiburan dan rekreasi, termasuk pusat olahraga dan kebugaran tutup.

Pemakaman hanya boleh dihadiri 20 orang, sementara pernikahan 10 orang dan semua bisnis harus menerapkan aturan satu orang per 4 meter persegi.

Premier Queensland, Annastacia Palaszczuk mengatakan keputusan 'lockdown' tersebut memang keras, namun penting untuk diberlakukan.

"Anggap saja ini adalah waktunya berlibur panjang di rumah, ini harus dilakukan," katanya.

"Kalau kita tidak melakukannya, kita mungkin saja harus menjalankan 'lockdown' 30 hari."

Queensland Premier Annastacia Palaszczuk addressing media in Brisbane.
Premier Queensland Annastacia Palaszczuk mengatakan keputusan memberlakukan 'lockdown' memang keras, namun penting. (Supplied: Charlotte George)

Australia Barat meragukan aturan bebas karantina

Di sisi lain, Australia Barat meragukan aturan bebas karantina bagi warga Queensland yang masih berlaku dan masih menunggu nasihat kesehatan terkait kondisi Queensland.

Premier Australia Barat, Mark McGowan akan membicarakan hal ini lebih lanjut hari ini, setelah rapat Kabinet Nasional.

"Dengan aturan ketat di perbatasan, perubahan yang mungkin akan terjadi dapat diimplementasikan dengan cepat jika itu yang harus dilakukan," katanya dalam pernyataan resmi.

Dua bulan terakhir, Australia Barat telah menerapkan aturan ketat terkait perbatasan kepada Australia Selatan, Victoria, dan New South Wales karena adanya penularan baru di ketiga negara bagian tersebut.

Warga yang tiba dari Victoria dan Australia Selatan, misalnya, diwajibkan untuk melakukan karantina 14 hari terhitung hari ketibaan.

Diproduksi oleh Natasya Salim dari beberapa artikel ABC News.

Ikuti berita seputar pandemi Australia dan lainnya di ABC Indonesia.

(ita/ita)