Thailand Pernah Jadi Contoh Sukses Penanganan COVID, Kini Kasusnya Melonjak

ABC Australia - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 13:13 WIB
Jakarta -

Thailand pernah dianggap contoh sukses penanganan COVID-19 di awal pandemi, tetapi negara itu telah alami lonjakan infeksi yang cepat selama dua minggu terakhir.

KP Thailand

Dua puluh delapan dari 77 provinsi telah dinyatakan berisiko tinggi, dan sejumlah pembatasan baru seperti larangan penjualan alkohol di restoran diberlakukan. Sekolah juga telah ditutup selama sebulan.

Richard Brown dari WHO mengatakan Thailand merespon situasi terkini dengan mendirikan rumah sakit lapangan di Samut Sakhon, serta melakukan pengawasan dan pelacakan kontak.

"Thailand memang memiliki kapasitas yang sangat signifikan untuk melacak dan mengkarantina kontak, termasuk mobilisasi tentara dari [lebih dari] satu juta desa dan sukarelawan kesehatan migran di seluruh negeri," katanya.

"Meski situasinya sangat menantang, seharusnya transmisi bisa dihentikan."

Meskipun terjadi wabah baru virus corona, sejauh ini Thailand mencatat kurang dari 10.000 kasus dan 66 kematian, dibandingkan dengan 28.500 infeksi dan 909 kematian di Australia, yang populasinya hanya sekitar sepertiga dari populasi Thailand.

Sebuah tinjauan dari Kementerian Kesehatan Masyarakat dan WHO pada bulan Oktober memuji sistem kesehatan masyarakat yang kuat di Thailand untuk menangani virus corona sejak dini.

Faktor pendukung lainnya antara lain penelitian lama Thailand tentang strain virus corona pada kelelawar dan pengalaman negara tersebut dalam menangani wabah penyakit lain, termasuk SARS dan Flu Babi.

Pemerintah juga menutup perbatasan, memberlakukan jam malam dan penguncian, serta menerapkan norma budaya sapaan tanpa kontak dan pemakaian masker, yang menurut tinjauan tersebut juga bisa berperan dalam penanganan COVID-19 di Thailand.

Artikel ini diproduksi oleh Hellena Souisa dari artikel ABC News berbahasa Inggris yang bisa dibaca di sini.

Ikuti berita seputar pandemi Australia dan lainnya di ABC Indonesia.

(ita/ita)