Inilah Cara Australia Berikan Voucher pada Warganya untuk Bangkitkan Ekonomi

ABC Australia - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 12:43 WIB
Jakarta -

Sejumlah negara bagian di Australia telah membagikan sejumlah voucher atau kupon kepada warganya untuk membangkitkan kembali perekonomian setelah terdampak pandemi virus corona.

Berikut ini adalah bagaimana cara agar warga bisa mendapatkan voucher tersebut.

Victoria

Pemerintah negara bagian Victoria dengan ibukota Melbourne telah menawarkan sebanyak 120.000 voucher dengan tujuan membantu perekonomian di kawasan regional atau di luar pusat kota Melbourne.

Warga Victoria yang usianya di atas 18 tahun bisa mendaftar untuk voucher ini, namun dari satu keluarga, hanya boleh ada satu orang yang mendaftar.

Voucher akan dibagikan dalam tiga periode waktu, masing-masing periode sebanyak 40.000 voucher senilai AU$200 atau sekitar Rp2,1 juta dengan sistem 'siapa cepat dia dapat'.

A beach surrounded by burnt trees

Pemerintah Victoria memprediksi tingginya permintaan voucher wisata dari warganya. (ABC Alice Springs: Oliver Gordon)

Kawasan dengan ibukota Darwin ini kembali meluncurkan 'myDarwin' voucher diskon pada dua periode, yakni tanggal 9 Desember lalu dan 20 Januari tahun depan.

Ada perubahan dengan syarat dan kondisinya, salah satunya adalah voucher bisa ditukar dalam waktu 48 jam, tidak lagi 24 jam, dengan maksud agar warga punya banyak kesempatan untuk menggunakannya.

Voucher bisa ditukar di tempat-tempat usaha atau bisnis di sektor ritel, perhotelan dan pariwisata yang memiliki toko secara fisik, sudah beroperasi setidaknya selama 6 bulan, dan memiliki pendapatan kurang dari AU$10 juta.

Warga masih akan menerima voucher senilai AU$40 atau lebih dari Rp400.000 saat mendaftar dan bisa mendapatkan informasinya di situs MyDarwin.

Pemerintah di negara bagian lainnya juga telah mengeluarkan sejumlah bantuan, seperti bantuan untuk sektor pariwisata di negara bagian Western Australia dengan ibukota Perth.

Pemerintah Tasmania juga pernah memberikan voucher perjalanan lewat skema yang diberi nama 'Make Yourself At Home' yang langsung habis saat diluncurkan.

Akhir November lalu, Pemerintah Australia Selatan telah meluncurkan program voucher kedua kalinya, yakni voucher menginap AU$100 (Rp1,2 juta) untuk digunakan di akomodasi di pusat kota dan bagian utara Adelaide, serta AU$50 (Rp520 ribu) untuk penginapan di kawasan pinggiran dan pedalaman.

Diproduksi oleh Erwin Renaldi dan Natasya Salim dari berbagai sumber.

Ikuti berita seputar pandemi Australia dan lainnya di ABC Indonesia.

(ita/ita)