Mau ke Australia? Ini Aturan Karantina dan Pengecualiannya

ABC Australia - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 16:07 WIB
Jakarta -

Aturan karantina untuk masuk ke Australia kembali menjadi sorotan setelah ditemukan dua orang yang disebut "berhasil" lolos di bandara Sydney pekan lalu dan menuju Melbourne tanpa karantina.

Kedua orang berkewarganegaraan ganda, Australia dan Jerman, ini tiba di Sydney dan seharusnya ikut antrian bus yang akan mengantar mereka ke hotel tempat karantina selama 14 hari.

Namun belakangan keduanya ditemukan sudah berada di bandara Melbourne, sehingga langsung diarahkan ke tempat karantina.

Laporan ABC menyebutkan, polisi di Sydney ternyata keliru dan menganggap kedua penumpang itu memiliki pengecualian untuk menghindari karantina.

Hingga saat ini masih mereka yang memiliki status warga negara dan 'permanent resident' atau penduduk tetap yang boleh masuk ke Australia, serta beberapa orang lain yang masuk pengecualian atau sudah mendapat izin masuk.

Bagi mereka yang ingin masuk ke Australia, berikut ini beberapa aturan tentang siapa yang dapat memasuki Australia melalui udara atau laut dan dibebaskan dari karantina hotel selama 14 hari pada saat kedatangan.

Penumpang transit internasional

Penumpang yang transit di Australia boleh melanjutkan perjalanan dengan penerbangan internasional ke negara lain dan dapat menghindari karantina hotel selama mereka berada di bandara tempat kedatangan mereka.

Masa tunggu selama transit tidak boleh lebih dari delapan jam.

Jika masa tunggu transit antara delapan jam hingga 72 jam, mereka harus menjalani karantina sampai waktu keberangkatan penerbangan lanjutan.

Jika penumpang tersebut akan menghabiskan waktu lebih dari 72 jam hingga penerbangan berikutnya, maka menurut Departemen Dalam Negeri Australia, hal itu bukan lagi transit sehingga mereka harus mengajukan permohonan untuk mendapatkan pengecualian.

A man at an airport with a suitcase.

Aturan di bandara-bandara internasional Australia mengharuskan penumpang yang baru tiba untuk menjalani karantina hotel selama 14 hari. (AAP: David Rowland)

Wisatawan dari Zona Aman

Depkes Australia menyatakan pelancong yang tiba dari negara Zona Aman tidak perlu dikarantina selama mereka tidak mengunjungi negara lain dalam 14 hari sebelumnya.

Saat ini pengecualian itu hanya berlaku untuk pelancong dari Selandia Baru, karena inilah satu-satunya negara yang ditetapkan oleh Australia sebagai Zona Aman.

Setelah mendarat di Australia dari Selandia Baru, Anda mungkin masih diminta untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Namun, perjalanan bebas karantina dari Selandia Baru saat ini hanya berlaku di negara bagian New South Wales, Daerah Khusus Ibukota (ACT), Northern Territory, dan Victoria.

Jika Anda tiba di negara bagian lain, Anda masih akan dikenai karantina wajib.

Begitu tiba, pelancong dari Selandia Baru tunduk pada protokol kesehatan yang sama dengan penduduk Australia.

Diproduksi oleh Farid M. Ibrahim dari artikel ABC News.

(ita/ita)