Warga 18 Tahun ke Atas di Sydney Akan Diberi Voucher Belanja Senilai Rp 1 Juta

ABC Australia - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 14:52 WIB
Jakarta -

Pemerintah New South Wales akan memberi setiap orang dewasa AU$100, atau Rp1 juta rupiah untuk dibelanjakan makanan dan hiburan.

KP NSW Voucher

Keempat 'voucher' tidak dapat digabungkan dan setiap 'voucher' hanya dapat digunakan sekali, yang berarti jika pembelanjaan kurang dari AU$25, maka sisanya tidak bisa dipakai lagi.

Pemerintah NSW akan menjalankan uji coba program di pusat kota Sydney selama Desember, sebelum peluncurannya di seluruh negara bagian New South Wales pada awal 2021.

Pemerintah juga akan mempertimbangkan untuk membatasi penggunaan 'voucher' makan di hari-hari yang tidak terlalu sibuk, seperti Senin hingga Kamis, agar mereka bisa mengelola pembatasan COVID-19 lebih baik.

Menteri Layanan Konsumen di NSW, Victor Dominello berharap uji coba di pusat kota Sydney dapat membantu masalah akibat pandemi COVID-19.

"Kita harus cerdas dan juga aman soal COVID, serta keberhasilan program ini akan bergantung pada warga yang terus mengikuti aturan," kata Victor.

Skema ini mirip dengan program yang diluncurkan Pemerintah Inggris pada bulan Agustus lalu, dengan memberikan diskon 50 persen bagi pengunjung, jika mereka makan di luar pada hari Senin, Selasa, dan Rabu.

Tapi Perrottet menekankan pembayaran stimulus bukanlah solusi permanen untuk gejolak ekonomi yang disebabkan pandemi.

"Kita akan bangkitkan momentum dalam jangka pendek, lalu perkuat keuangan kita dengan disiplin yang telah menentukan waktu kita menjabat," ujarnya.

Artikel ini diproduksi oleh Erwin Renaldi dari laporan ABC News di Sydney

(ita/ita)