'Kemenangan Besar': Mahasiswa Indonesia Melewati Lockdown Ketat di Melbourne

ABC Australia - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 12:19 WIB
Jakarta -

Ketika tiba di Melbourne Februari lalu, Emanuel Limbongan asal Tanjung Pinang dari Kepulauan Riau tidak sabar untuk memulai studi di luar negeri.

Namun sebulan kemudian, Pemerintah Victoria mengumumkan status 'state of emergency' yang membatasi pergerakan warganya di tengah pandemi.

Keputusan yang mengejutkan Emanuel, mahasiswa S1 jurusan Bisnis dan Manajemen Hotel di The Hotel School Melbourne yang baru saja mulai beradaptasi dengan kehidupan barunya.

"Depressed [depresi] sih, jujur, apalagi orang bilang 'kasihan ya, sampai sini sudah lockdown', saya memikirkan financial [keuangan] juga, apalagi sekarang papa saya tidak kerja," kata Emanuel.

"Saya memiliki ekspektasi waktu ke Melbourne, tapi saya tidak akan dapat ekspektasi itu dan tidak mungkin dipaksakan ... kalau dipaksakan, pasti akan depresi, stress, dan sedih terus."

Karenanya, Emanuel mengaku mulai memfokuskan dirinya pada hal yang positif, termasuk saat harus menjalani kuliah secara online.

"Belajar online itu tidak seburuk itu sebenarnya. Saya suka karena bisa 'private lecture' bersama dosen saya," kata Emanuel yang mengaku sering mengajukan banyak pertanyaan di kelas.

Emanuel Limbongan

Ketika menginjakkan kakinya di Melbourne Februari lalu, Emanuel tidak mengira kuliahnya akan berubah menjadi online hingga berbulan-bulan. (ABC News: Nicole Asher)

Berbeda dengan Nicole dan Emanuel, Audi "menghadiahi dirinya sendiri" dengan berbelanja di Collins Street.

Audi yang masih punya sekitar setengah tahun lagi untuk belajar di Australia berharap bisa mendapatkan pengalaman kuliah yang 'normal'.

"Tetapi satu hal yang sangat ingin saya rasakan lebih dari segalanya adalah mengalami wisuda yang proper [semestinya]," kata Audi.

"Ketika akhirnya nanti sudah berhasil mendapat gelar, [wisuda] ini adalah semacam perayaan dan pengakuan untuk saya, yang berhasil melalui tahun dan masa-masa yang sulit ini," ucapnya.

Ikuti berita seputar komunitas Indonesia dan pandemi Australia lainnya di ABC Indonesia.

(ita/ita)