Warga Melbourne Akhirnya Bisa Keluar Rumah Untuk Potong Rambut

ABC Australia - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 13:58 WIB
Jakarta -

Setelah menjalani lockdown tahap keempat yang ketat selama sekitar 100 hari, warga Kota Melbourne, Australia, akhirnya bisa bernafas lega. Terhitung mulai hari Senin (19/10/2020), sejumlah pembatasan telah dilonggarkan.

Salah satunya, bisnis tukang cukur kini diperbolehkan untuk beroperasi kembali dan laporan awal hari ini menyebutkan banyak warga yang telah memesan tempat untuk memotong rambut.

Berikut ini beberapa perubahan utama dari pelonggaran pembatasan tersebut:

Kebebasan bepergian

Pembatasan radius 5 km kini diperluas menjadi radius 25 km bagi warga Melbourne untuk bepergian tanpa mengalami pemeriksaan atau pertanyaan dari petugas di lapangan.

Namun para petugas tersebut masih akan terus menjaga setiap titik perbatasan antara metropolitan Melbourne dengan wilayah regional di sekitarnya. Warga dari kota tetap dilarang masuk ke pedalaman tanpa alasan yang jelas.

Berolahraga atau jalan kaki

Kini warga sudah diperbolehkan melakukan aktivitas olahraga atau jalan kaki di luar rumah tanpa pembatasan waktu 2 jam.

Warga boleh melakukan aktivitas ini kapan saja, namun tetap harus dalam batas radius 25 km dari tempat tinggal atau tempat kerjanya.

Women wearing masks pushing prams as Defence Force members watch.

ABC News: John Graham: Mulai hari ini pembatasan kegiatan jalan kaki dan berolahraga selama dua jam di luar rumah telah dihapuskan.

Diproduksi oleh Farid M. Ibrahim dari berbagai sumber. Ikuti berita lainnya dari Australia di ABC Indonesia..

(ita/ita)