Negara Teraman dari Pandemi COVID-19: Indonesia Berada di Peringkat 79

ABC Australia - detikNews
Selasa, 08 Sep 2020 08:43 WIB
Jakarta -

Daftar peringkat terbaru menunjukkan negara yang saat ini paling aman dari pandemi COVID-19 adalah Jerman, sementara Indonesia berada di posisi ke-79.

Peringkat ini dirilis oleh lembaga riset pengetahuan dan teknologi global Deep Knowledge Group, disusun berdasarkan data pakar medis dan ahli statistik dengan menggunakan 140 parameter.

Ada 250 negara yang diamati cara mereka menangani pandemi virus corona.

Masing-masing negara diberikan skor untuk menentukan peringkat dan hasilnya Jerman berada di peringkat pertama negara yang paling aman dari pandemi COVID-19 dengan skor akhir 762,24.

Sementara Australia berada di peringkat keenam dan Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam peringkat 10 besar.

People in malls queue at a temperature checking point.

Singapura saat ini menjadi negara paling aman dalam menangani pandemi virus corona di kawasan Asia Tenggara. (AP: Rajanish Kakade)

Asia menjadi kekhawatiran saat ini

Berdasarkan analisa lembaga Deep Knowledge Group pandemi virus corona saat ini terus menular di negara-negara berkembang dengan kawasan Asia diperkirakan akan banyak mengalami gelombang kedua.

Kasus penularan virus corona secara rata-rata di dunia telah meningkat hampir empat kali lipat, sementara di Asia saat ini peningkatannya sudah hampir tujuh kali lipat, lebih buruk dari negara-negara di kawasan Amerika Selatan.

India menjadi salah satu penyebabnya, seperti yang dijelaskan laporan tersebut, karena jumlah populasi yang terlalu pada dan kurang memadainya infrastruktur kesehatan.

Jika India disebut sebagai "ancaman berskala besar", maka Jepang saat ini menjadi penularan terbanyak yang telah meningkat 28 kali lipat dari 1 Juni hingga 16 Agustus lalu.

Sementara di kawasan Timur Tengah, mencakup Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Qatar, dan bahkan Mesir, tingkat penularannya sedikit lebih rendah dibandingkan tingkat penularan rata-rata global.

Negara-negara yang berada di peringkat terendah kebanyakan berada di Afrika, yakni Kawasan Barat Sahara di peringkat 250, Kawasan Somaliland, Mali, dan Sudah Selatan yang berada di atasnya.

Semua data yang digunakan dalam laporan ini dikumpulkan dari negara-negara hingga 23 Agustus lalu dan bisa Anda baca selengkapnya di sini.

Artikel ini diproduksi oleh Erwin Renaldi

Tonton video '10 Negara Teraman dari Covid-19, Indonesia ke-79':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)