'Kaka Belajar Masak': Orangtua Asal Indonesia dengan Anak Autisme Jalani 'Lockdown' di Melbourne

ABC Australia - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 18:03 WIB
Jakarta -

Aturan pembatasan pergerakan tahap keempat di Melbourne telah mengubah rutinitas anak-anak berkebutuhan khusus. Para orangtua asal Indonesia berbagi pengalaman bagaimana merawat mereka saat banyak diam di rumah.

Seperti yang dialami oleh Kardam Fynn Hier, akrab disapa Kaka, pria berdarah Indonesia berusia 16 tahun yang hidup dengan autisme.

Sebelumnya, bila Kaka mengalami tantrum, atau ledakan emosi, salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan kegiatan jalan-jalan naik mobil, yang ia sebut sebagai "highway".

Namun, dengan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah, orangtua Kaka harus mencarikan kegiatan baru bagi putranya.

"Untungnya, selain 'highway', Kaka juga suka makan. Jadi sekarang disiasati dengan belajar masak, dimulai dengan masakan yang sederhana," kata Mediyanti Hier, ibu Kaka, yang akrab disapa Medi.

keluarga dul.jpg

Keluarga Murray Hier (kanan) bersama istrinya Mediyanti Hier, dan anak-anak mereka Lila Hier serta Kardam Hier (Kaka). (Supplied: Nicole Rogerson)

Menurutnya, orangtua sebagai 'support system', harus bersikap baik pada diri sendiri di tengah masa yang sulit saat ini.

"Saya tahu banyak keluarga yang stress dan berpikir 'astaga, anak saya ketinggalan banyak dalam pendidikan yang sangat penting di momen tertentu'," ujarnya.

"Tapi ingatlah pendidikan terakhir adalah seumur hidup. Kejadian beberapa bulan ini tidak mengubah kemungkinan apakah anak kita bisa sukses atau tidak."

Berbicara dari pengalaman pribadi, Medi mengatakan kunci perkembangan anak autisme adalah adanya dukungan penuh dari keluarga mereka.

"Sebenarnya ini melibatkan proses yang sangat panjang. Dulu waktu kecilnya Kaka juga selalu tantrum. Tidurnya susah sehubungan dengan apa yang disebut autisme," kata Medi.

"Tapi karena konsistensi dan kekompakan seluruh anggota keluarga, alhamdulillah, Kaka sangat banyak berubah menjadi lebih baik sekarang. Tidak ada yang mustahil jika dijalankan dengan bersungguh-sungguh."

Informasi resmi dari Pemerintah Australia seputar COVID-19 bagi warga dengan kebutuhan khusus bisa diakses di sini.

Ikuti perkembangan terkini soal pandemi virus corona di Australia hanya di ABC Indonesia

(ita/ita)