Menelusuri Perjuangan Petani Kopi Indonesia Mengisi Secangkir Kopi di Australia

ABC Australia - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 13:21 WIB
Jakarta -

Biji kopi asal Indonesia sudah dijual dan dihidangkan menjadi secangkir espresso atau cappucino di banyak negara, termasuk di kota Melbourne yang terkenal akan budaya 'ngopi'-nya.

Australia sudah diakui dunia sebagai salah satu negara terbaik dalam menyajikan kopi, meski masih mengandalkan negara-negara penghasil kopi untuk menggerakkan industri kopi mereka.

Indonesia menjadi salah satu pengekspor kopi terbesar ke Australia dari kawasan Asia Pasifik, menempati urutan ke-3 setelah Vietnam dan India.

The Little Man Cafe

Sejak tahun 2018, The Little Man Cafe di Melbourne menyajikan kopi yang 100 persen berasal dari Indonesia. (Koleksi pribadi)

"Ada hal lain seperti fluktuasi harga kopi, hama, dan penyakit yang juga adalah masalah penting bagi petani,"ujar Jarrod kepada Natasya Salim dari ABC News.

Masalah kesehatan petani yang disebutkan oleh Jarrod juga diakui Sri.

"Kendala utamanya itu di kondisi alam. Perbukitan kami tinggi-tinggi sehingga sering terjadi kecelakaan di kebun," kata dia.

"Suhu juga dingin sekali, jadi ada penyakit yang bisa menyerang paru-paru, misalnya bronkitis atau TBC, karena sambil merokok juga, jadi tidak sehat," katanya lagi.

"Belum lagi kalau menggunakan bahan kimia dan tidak memakai alat pelindung keselamatan, bisa [terserang] stroke tiba-tiba."

Sri berharap ada lebih banyak kesempatan untuk mendidik para petani kopi demi kesejahteraan mereka.

"Kesadaran-kesadaran itu yang sebenarnya ingin sekali saya bagikan, tapi saya hanya mampu skala kecil, yaitu orang-orang terdekat saya. Untuk lebih jauh, seharusnya pemerintah."

Simak berita lainnya di ABC Indonesia.

(ita/ita)