Ada 191 Kasus Baru, Seluruh Melbourne Lockdown Kembali Selama 6 Minggu

ABC Australia - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 06:38 WIB
Melbourne -

'Lockdown' kembali berlaku di seluruh kawasan Melbourne Metropolitan dan Micthell Shire selama enam minggu, mulai hari Kamis (9/07).

Premier Daniel Andrews mengatakan aturan pembatasan kembali ke tingkat tiga sebagai upaya mengurangi jumlah penularan.

Selain 31 kawasan yang masuk ke dalam Metropolitan Melbourne, pemberlakuan lockdown juga berlaku di area Micthell Shire yang meliputi kawasan Broadford, Kilmore, Seymour, Tallarook, Pyalong dan Wallan.

Dalam 24 jam terakhir kasus baru penularan mencapai 191 orang, dengan 37 diantaranya berhubungan dengan penularan yang sudah diketahui sebelumnya, sementara 154 lainnya masih diselidiki.

Dengan tambahan kasus ini, maka di Victoria sekarang ada 772 kasus aktif.

"Dengan begitu tingginya kasus saat ini, hampir mustahil bagi petugas untuk bisa melakukan pelacakan guna menekan laju penyebaran virus, tanpa mengambil langkah yang penting," katanya.

Premier Daniel mengatakan warga yang berperilaku seolah pandemi virus Corona sudah selesai "adalah bagian dari masalah".

50 Titik perbatasan NSW-Victoria akan dijaga polisi

Untuk pertama kalinya sejak pandemi flu Spanyol di tahun 1919, perbatasan antara negara bagian Victoria dan New South Wales akan ditutup mulai hari tengah malam nanti.

Polisi akan dikerahkan untuk memantau perjalanan dari Victoria ke NSW di sekitar 50 titik, antara lain jalan utama, jembatan dan perlintasan melalui sungai antar kedua negara bagian.

Komisioner Lintas Perbatasan, James McTavish mengatakan proses pengecekan terhadap warga akan sulit dilakukan, karenanya meminta agar warga bersabar ketika sistem perizinan diberlakukan.

"Ini akan sedikit menimbulkan kekacauan, khususnya bagi warga yang tinggal di kawasan dimana setiap harinya ada begitu banyak orang yang melintas perbatasan," katanya.

Sekitar 350 polisi akan dikerahkan untuk penjagaan perbatasan dan beberapa warga sudah mengeluhkan kemungkinan masalah yang harus mereka hadapi.

Restoran yang dimiliki Wassim Saliba bernama La Maison, hanya terletak 200 meter di kota Wodonga di negara bagian Victoria berbatasan dengan Albury, NSW.

Dia mengatakan kepada ABC sampai saat ini belum mengetahui berapa lama untuk mengurusi perizinan lintas batas dan khawatir pembatasan akan mempengaruhi bisnis dan juga staf restorannya.

"Ribuan melintasi perbatasan setiap harinya," kata Wassim.

"Ini sebenarnya adalah satu kota (Wodonga dan Albury) yang hanya dipisahkan dengan sungai dan pembatasan ini tidak adil bagi kami di sini," katanya.

"Kami tidak tahu apa yang akan terjadi dan apa saja yang boleh kami lakukan dan juga yang tidak bisa kami lakukan."

Menteri Kesehatan New South Wales, Brad Hazard mengatakan mereka yang hendak memasuki negara bagian tersebut dari Victoria harus mengajukan permintaan lewat badan bernama 'Service NSW'.

Brad mengatakan izin bepergian untuk urusan yang tidak dianggap penting kemungkinan kecil akan diberikan.

Warga Victoria sudah ditolak di Queensland

Kepolisian Queensland mengatakan mereka sudah menolak 740 warga Victoria untuk masuk ke negara bagiannya, sejak adanya pembatasan baru yang mulai diberlakukan hari Jumat lalu.

Wakil Kepala Polisi Queensland, Steve Gollschewski mengatakan 63 orang sudah dipaksa menjalani karantina di hotel, setelah terbang dari Victoria ke Queensland sejak pembatasan dimulai 3 Juli lalu.

Pihak berwenang di Queensland sudah menetapkan seluruh negara bagian Victoria sebagai zona merah virus Corona, sehingga mereka yang datang harus diperiksa.

Sementara itu perbatasan Queensland dengan negara bagian lain akan mulai dilonggarkan hari Jumat (10/07).

Steve mengatakan ada 17 penerbangan dari Victoria ke bandara di Queensland sejak kebijakan karantina hotel diberlakukan dan polisi sudah menolak masuk 33 orang warga.

Victoria sebenarnya tidak berbatasan langsung dengan Queensland, namun di kawasan yang berbatasan dengan NSW, petugas telah menolak kedatangan 709 warga Victoria dan 12 orang dipaksa menjalani karantina.

Polisi Queensland mengatakan 185 ribu formulir perjalanan perbatasan sudah diunduh sejak hari Jumat.

Mulai tanggal 10 Juli, warga dari negara lain harus memiliki surat izin baru, menunjukkan bukti bahwa mereka tidak berada di Victoria selama dua minggu sebelumnya.

Perbatasan Australia Selatan dan Victoria ditutup

Selain New South Wales dan Queensland, negara bagian Australia Selatan yang juga memiliki perbatasan langsung dengan Victoria mengumumkan akan menutupnya mulai Rabu malam.

Kepala Kepolisian Australia Selatan Grant Stevens mengatakan hanya warga Australia Selatan yang akan boleh kembali dari Victoria, itu pun harus menjalani karantina sendiri selama 14 hari.

"Mereka yang tidak tinggal di Australia Selatan dari Victoria tidak akan diperbolehkan masuk," kata Commissioner Grant.

Menurutnya ada sekitar 45 jalan yang tidak beraspal dan 20 jalan beraspal di Australia Selatan yang berbatasan dengan Victoria

"Saat ini kami tidak menutup kemungkinan untuk meminta bantuan tentara untuk menjaga jalan-jalan tersebut," katanya.

Kawasan Melbourne yang kembali di-'lockdown'

1. Banyule

2.Hume

3.Moreland

4.Bayside

5.Kingston

6.Mornington Peninsula

7.Boroondara

8.Knox

9.Nillumbik

10.Brimbank

11.Manningham

12.Port Phillip

13.Cardinia

14.Maribyrnong

15.Stonnington

16.Casey

17.Maroondah

18.Whitehorse

19.Darebin

20.Melbourne

21.Whittlesea

22.Frankston

23.Melton

24.Wyndham

25.Glen Eira

26.Monash

27.Yarra

28.Greater Dandenong

29.Moonee Valley

30.Yarra Ranges

31.Hobsons Bay

32.Mitchell Shire

Ikuti perkembangan terkini soal pandemi virus Corona di Australia hanya di ABC Indonesia

(nvc/nvc)