2 Warga Victoria Meninggal karena COVID, Perbatasan Victoria dan New South Wales Akan Ditutup

ABC Australia - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 08:36 WIB
Jakarta -

Perbatasan Victoria dan New South Wales akan mulai ditutup hari Rabu (9/07), karena angka penularan yang terus meningkat di kota Melbourne.

Perbatasan NSW-Victoria Ditutup

  • Akan ada sistem surat izin bagi mereka yang perlu bepergian ke NSW
  • Sejauh ini ada 53 kasus yang terkait dengan sejumlah rumah susun
  • 31 warga Victoria dirawat di rumah sakit karena COVID-19, termasuk lima di perawatan intensif

Dua pria, satu berusia 60 tahunan dan satu lagi diketahui berusia 90 tahunan, meninggal karena COVID-19.

Secara total angka kematian karena COVID-19 di Victoria sudah mencapai 22 orang dan secara keseluruhan adalah 106 orang di Australia.

Dalam konferensi persnya hari Senin (6/07), Premier Daniel Andrews, kepalan negara bagian Victoria mengatakan ada 127 kasus penularan virus corona baru dalam 24 jam terakhir.

Premier Daniel juga mengumumkan penutupan perbatasan Victoria dengan New South Wales, setelah mengadakan pembicaraan dengan Premier New South Wales, Gladys Berejiklian dan Perdana Menteri Scott Morrison.

"Penutupan akan dipantau oleh pihak NSW, sehingga sumber daya yang kita miliki bisa difokuskan pada memerangi virus di negara bagian kita," kata Premier Andrews.

Premier Gladys mengatakan perbatasan akan ditutup bagi warga Melbourne dalam 24 jam dan bagi seluruh warga Victoria mulai Selasa malam, pukul 23:59.

Sementara warga Victoria yang berada di New South Wales diperbolehkan kembali ke Victoria.

16 kasus berasal dari komplek perumahan umum

Keputusan menutup perbatasan diambil setelah ada penularan kasus hingga 108 orang pada hari Sabtu, menjadi angka harian tertinggi kedua sejak pertama kali virus corona menjadi wabah di Victoria.

Premier Daniel mengatakan dari 127 kasus baru yang tercatat hari Senin ini, 16 diantaranya berasal dari kompleks perumahan umum, seperti rumah susun, yang sudah diperintahkan lockdown sejak hari Minggu.

Sementara dari total 3.000 warga yang berada di perumahan susun tersebut, hingga kini sudah tercatat ada 53 orang yang dinyatakan positif tertular virus corona.

"Pada dasarnya jumlah kasusnya meningkat dua kali lipat sejak kemarin," kata Kepala Bidang Kesehatan Victoria Brett Sutton.

Police wearing masks speak to a woman outside a block of units in Flemington, Melbourne.

Polisi dikerahkan untuk menjaga lockdown di kawasan perumahan publik milik pemerintah di Racecourse Road, Flemington, Melbourne. (Supplied)

Premier Daniel Andrews mengatakan ada sistem surat ijin bagi mereka yang perlu bepergian ke NSW dari Victoria.

"Akan ada fasilitas bagi mereka yang tinggal di perbatasan untuk bisa bepergian, untuk bisa bekerja dan juga untuk mendapat layanan kesehatan yang mereka perlukan," katanya.

Namun menurut Daniel Andrews, berlibur tidak akan diterima sebagai alasan untuk melintas perbatasan.

Tonton video 'Update Global: Kasus Harian Corona Virus Pecahkan Rekor Tertinggi':

Ikuti perkembangan terbaru dalam bahasa Inggris di sini

(ita/ita)