'Ijab Kabul yang Menegangkan', Pasangan Indonesia-Australia Nikah Lewat Zoom

ABC Australia - detikNews
Rabu, 01 Jul 2020 14:22 WIB
Jakarta -

Pandemi virus corona tidak menghalangi rencana pernikahan pria Australia dan gadis Jawa Timur yang melangsungkan pernikahan mereka melalui aplikasi Zoom.

Max Walden dan Shaffira Gayatri terpisah ribuan kilometer jaraknya antara Sydney dan Surabaya.

Namun, keduanya memutuskan untuk tetap melangsungkan pernikahan mereka sesuai dengan tanggal yang sudah direncanakan meski konsepnya harus berubah.

Max yang berprofesi sebagai jurnalis ABC News dan Fira, panggilan akrab Shaffira, sudah merencanakan pernikahan mereka sejak akhir tahun 2019 dan memilih tanggal 20 Juni 2020.

Fira
Fira mengaku jika persiapan akad nikahnya hanya dilakukan satu hari karena keterbatasan waktu. (Koleksi dari Civita Patriana)

Setelah melewati satu tahap pernikahan yang dilakukan online, masih banyak yang menanti Max dan Fira di depan.

Salah satunya adalah menggelar pesta pernikahan seperti yang direncanakan semula, yakni di Surabaya dan mungkin di Sydney tahun depan, tergantung perkembangan kondisi pandemi virus corona.

Tapi yang paling ingin segera mereka lakukan saat ini adalah dapat segera berjumpa.

"Karena kami belum bisa bertemu selama enam bulan ini, saya benar-benar menantikan Shaffira datang ke Melbourne," kata Max.

Rencana itu pun tetap akan menghadapi tantangan baru karena akan ada banyak dokumen yang diurus oleh pasangan beda kewarganegaraan ini untuk mencatatkan pernikahannya.

"Ada masalah beda budaya, paper [dokumen], paper fee [biaya dokumen], travel restrictions [larangan berpergian], dan itu pasti menguras energi. Tapi saya yakin mereka bisa menghadapinya," kata Vita.

"Mereka berdua punya energi yang enggak dimiliki pasangan lain, gabungan dari love, passion, and madness. Gunakan energi itu untuk mengatasi tantangan-tantangan di depan," pesan Vita kepada sahabatnya.

Selamat menempuh hidup baru untuk Max dan Fira!

(ita/ita)