Aturan di Australia Dilonggarkan, Restoran Indonesia Akan Buka Kembali

ABC Australia - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 09:40 WIB
Canberra -

Mulai 1 Juni sejumlah aturan yang sebelumnya membatasi pergerakan warga di Australia akan dilonggarkan. Para pemilik restoran Indonesia memberikan tanggapan soal diperbolehkannya kembali melayani makan di tempat.

Kedai Kampung di kawasan Springvale, sekitar 29 km dari pusat kota Melbourne adalah salah satu restoran Indonesia yang termasuk akan membuka kembali restorannya bagi para pelanggan.

Pemiliknya, Debbie Gunawan mengatakan sudah mulai melakukan pembersihan dan mengatur tempat duduknya, setelah selama hampir dua bulan tutup karena pandemi virus corona.

Di negara bagian Victoria, peraturan umum setelah pelonggaran pembatasan adalah maksimum 20 orang yang boleh berada di dalam restoran dalam waktu bersamaan.

Namun kebanyakan restoran Indonesia di Australia memiliki kapasitas yang kecil, sehingga tata letak meja dan kursi makan pun harus diatur kembali untuk memastikan jarak aman setidaknya 1,5 meter antara orang tetap terjaga.

Kedai Kampung

Kedai Kampung saat ini hanya melayani 'takeaway' dan layanan 'delivery' dan akan mulai buka kembali 1 Juni mendatang. (Facebook, Pondok Daun Restaurant)

Ia mengaku jika penurunan pendapatan untuk bisnisnya bisa mencapai 60 hingga 70 persen.

Sejak pandemi virus corona banyak warga di Australia yang semakin terbiasa dengan layanan 'delivery' atau 'takeaway' yang ditawarkan restoran dan kafe di Australia.

Kedai Kampung mengaku jika pendapatan mereka mulai naik dibandingkan di pekan pertama saat mulai menawarkan layanan 'delivery' atau 'takeaway'.

Begitu pula dengan D'Penyetz dan D'Cendol dan Killiney Kopitiam yang kini sudah menawarkan ke sejumlah suburb atau daerah-daerah di luar pusat kota Melbourne.

"Kita melihat ada pangsa pasar yang juga besar dan sepertinya akan berlanjut, bahkan sedang melihat-melihat lokasi untuk buka di suburb," ujarnya.

Ikuti perkembangan terkini soal pandemi virus corona di Australia hanya di ABC Indonesia

(ita/ita)