Secara Perlahan Warga Australia Kembali Gunakan Transportasi Umum

ABC Australia - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 07:10 WIB
Canberra -

Berbagai negara sudah mulai melonggarkan pembatasan aktivitas dan pergerakan warga di tengah pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

Salah satu masalah yang dihadapi berbagai pemerintah adalah mengatur transportasi umum karena jarak aman antar orang masih diperlukan untuk menghindari penularan virus corona.

Jutaan orang setiap harinya di Australia menggunakan transportasi umum, namun bagaimana menerapkan 'social distancing', jika penumpang berdesakan di dalam kereta atau bus?

Bila aturan empat meter per segi untuk setiap orang, maka di dalam sebuah bus misalnya hanya akan ada enam penumpang dan satu orang sopir di dalamnya.

Traffic build up in Sydney after an accident this morning.

Luke Wong: Kemacetan menjadi masalah yang ingin dihindari oleh pengelola transportasi, namun transportasi umum juga menghadapi masalah selama pandemi. (ABC Central West)

Beberapa negara Eropa seperti Belgia dan Italia sekarang akan menghabiskan dana lebih besar untuk membangun infrastruktur sepeda.

Di Australia juga terjadi peningkatan kegiatan bersepeda selama beberapa pekan terakhir.

"Jelas sekali sekarang terlihat lebih banyak orang naik sepeda, saya kira sebagian dari mereka akan terus melakukan kegiatan tersebut," kata Menteri Transportasi Queensland.

Lihat artikelnya dalam bahasa Inggris di sini

(ita/ita)