Siapa Saja yang Sudah Didenda karena Langgar Aturan Terkait Corona Australia?

ABC Australia - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 16:14 WIB
Canberra -

Hari Minggu kemarin (05/04), Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengatakan acara kumpul-kumpul atau pertemuan baik di dalam atau di luar ruangan tidak boleh lebih dari dua orang.

Namun ada perkecualian soal pembatasan jumlah ini, yakni:

  • Anggota keluarga yang tinggal di satu rumah
  • Acara pemakaman yang boleh dihadiri maksimal 10 orang
  • Pernikahan hanya boleh dilakukan oleh lima orang, sudah termasuk pasangan pengantin

Dalam sepekan, sudah ada sejumlah warga Australia yang tidak hanya diberikan peringatan, namun dijatuhi denda.

Berikut adalah sejumlah pelanggaran dan denda yang dijatuhkan dari beberapa negara bagian di Australia.

Queensland

Kepolisian di Brisbane telah menjatuhkan 58 denda, yang masing-masing bernilai AU$1.334, setelah membubarkan acara balapan mobil yang digelar akhir pekan kemarin.

Sekitar 150 mobil berkumpul di lapangan parkir sebuah pabrik. Beberapa pengemudi kabur, sementara sebagian lainnya tertangkap saat mencoba menghindari polisi.

Sabtu kemarin (04/04), Kepolisian Brisbane juga memberhentikan sejumlah kendaraan di jalan bebas hambatan 'Gold Coast Highway', setelah warga dari Brisbane mencoba pergi ke kawasan Gold Coast.

Kepala negara bagian Queensland, Annastacia Palaszczuk telah mengancam akan menutup pasar yang menjual produk-produk segar, setelah melihat banyaknya warga yang datang ke pasar di Brisbane Powerhouse.

Denda bagi mereka yang melanggar aturan maksimum dua orang dalam sebuah pertemuan di negara bagian ini sebesar AU$1.334,50, atau lebih dari Rp 13 juta, untuk perorangan dan lebih dari AU$6.672,50 untuk perusahaan.

police with man

Polisi di Brisbane telah melakukan sejumlah operasi untuk mencegah warganya berkunjung ke kawasan pantai Gold Coast. (ABC Indonesia)

Ikuti laporan terkini terkait virus corona dari Australia dalam Bahasa Indonesia.

Australia Selatan

Sementara itu di Australia Selatan dengan ibukota Adelaide, anjuran maksimal dua orang dalam pertemuan masih terbatas "anjuran" dan "belum ditegakkan".

Dikutip dari situs Pemerintah Australia Selatan setiap negara bagian bisa mempertimbangkan bagaimana menerapkan aturan dari pemerintah pusat.

Tapi polisi di Australia Selatan, dengan ibukota Adelaide, mengatakan sudah ada larangan untuk lebih dari 10 orang berkumpul.

Pelanggarnya bisa dijatuhi denda sebesar AU$1.000 untuk perorangan dan AU$5.000 untuk pemilik bisnis.

Ikuti perkembangan terkini soal pandemi virus corona di Australia hanya di ABC Indonesia

(ita/ita)