Balapan GP Formula 1 Melbourne Dibatalkan, Manajer Arsenal Positif Corona

ABC Australia - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 18:07 WIB
Melbourne -

Balapan pertama Formula Satu Grand Prix yang sedianya akan dilangsungkan di Melbourne akhir pekan ini telah dibatalkan.

  • Balapan Formula Satu GP Melbourne di Albert Park dibatalkan
  • Manajer Arsenal Mikel Arteta dinyatakan positif mengidap virus corona
  • Berbagai pertandingan tenis dunia juga dibatalkan sampai 20 April

Pihak penyelenggara mengatakan keputusan diambil setelah mereka mendapatkan saran medis dari pihak yang menangani masalah kesehatan di negara bagian Victoria.

Dalam sebuah pernyataan, pihak penyelenggara mengatakan mereka yang sudah membeli karcis akan mendapatkan pengembalian penuh.

"Kami memahami bahwa ini adalah berita mengecewakan bagi ribuan penonton yang akan menghadiri lomba." kata pernyataan yang dikeluarkan panitia hari Jumat (13/3/2020).

Pihak penyelenggara termasuk perwakilan dari sembilan tim yang akan bertanding bertemu hari Kamis malam, setelah seorang anggota tim McLaren positif terkena virus corona.

"Pertemuan diakhiri dengan kesimpulan bahwa mayoritas tim menghendaki lomba dibatalkan." lanjut pernyataan tersebut.

A man and woman wearing surgical masks stand outside at the Australian F1 Grand Prix.

Penonton yang akan menghadiri Lomba Balapan Formula 1 GP Melbourne di Albert Park hari Jumat (13/3/2020) pagi. (ABC News: Simon Tucci)

Sebelumnya, Menteri Utama negara bagian Victoria Daniel Andrews mengatakan bilapun balapan dilangsungkan, maka penonton tidak akan diijinkan untuk hadir karena masalah kesehatan.

Sesi latihan pertama dan kedua sedianya akan dilangsungkan hari Jumat sore, dengan babak kualifikasi hai Sabtu dan lomba hari Minggu.

Ratusan penonton yang sudah berdatangan di lokasi Sirkuit di Albert Park mendapat pemberitahuan mengenai pembatalan oleh petugas yang menggunakan megaphone.

Keputusan pembatalan lomba pertama Formula 1 musim balapan tahun 2020 ini terjadi setelah komentar yang dikeluarkan oleh pembalap Inggris Lewis Hamilton yang mengatakan bahwa dia 'terkejut' lomba masih akan dilangsungkan.

Manajer tim sepakbola Arsenal positif mengidap virus corona

Pembatalan GP Formula 1 di Melbourne merupakan serangkaian pembatalan kegiatan olahraga di seluruh dunia berkenaan dengan penyebaran virus corona.

Di Inggris manajer tim sepakbola Liga Utama Arsenal Mikel Arteta (37 tahun) dinyatakan positif terkena virus tersebut.

Sekarang Arteta dan seluruh tim Arsenal yang bermarkas di London tersebut telah menjalani karantina, sementara fasilitas latihan tim Arsenal sudah ditutup.

Pihak penyelenggara Liga Utama Inggris baru saja mengumumkan akan melakukan pertemuan darurat dengan seluruh klub Liga Utama hari Jumat guna mendiskusikan jadwal pertandingan menyusul apa yang terjadi dengan Arteta.

Sebelumnya Liga Utama mengatakan seluruh pertandingan di akhir pekan akan tetap dilangsungkan dan penonton tetap diperbolehkan hadir.

Pertandingan tenis juga dibatalkan

Kemarin, Liga Bola Basket Amerika Serikat NBA membatalkan kompetisi sampai batas waktu yang tidak ditentukan setelah seorang bintang Utah Jazz positif terkena virus corona.

Sekarang Asosiasi Tenis Profesional (ATP) yang menyelenggarakan berbagai tenis pria di seluruh dunia memutuskan menghentikan pertandingan paling sedikit selama enam pekan.

Federasi Tenis Internasional (ITF) yang mengurusi tenis junior, tenis kursi roda dan turnamen tenis kecil juga menunda jadwal pertandingan yang sudah ada.

Mulai sekarang tidak ada pertandingan tenis yang akan diselenggarakan sampai 20 April.

Asosiasi Tenis Wanita (WTA) juga mengumumkan dua turnamen yang sedianya akan dilangsungkan di Miami dan Charleston di Amerika Serikat juga dibatalkan.

Simak berita-berita lainnya dari ABC Indonesia

(nvc/nvc)