Apa yang Terjadi Setelah Harry dan Meghan Lepas Gelar 'Yang Mulia'?

ABC Australia - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 12:53 WIB
London -

Pangeran Harry dan istrinya Meghan tidak akan lagi menerima panggilan 'royal highness', sesuai kesepakatan yang dicapai oleh keduanya dengan Istana Buckingham.

Setelah mengumumkan mereka ingin membangun kehidupan baru, Kerajaan Inggris menyebutkan keduanya akan berhenti dari tugas-tugas mereka sebagai anggota kerajaan.

Inilah beberapa penjelasan apa yang terjadi setelah mereka dianggap "keluar" dari Kerajaan Inggris.

Apakah artinya mereka masih didanai publik?

Keduanya didanai oleh ayahnya, Pangeran Charles, yang mendapat sumber pendapatan dari posisinya sebagai Duchy of Cornwall.

Belum jelas apakah Harry dan Meghan yang bergelar 'Duke dan Duchess of Sussex' masih akan menerima dana dari ayahnya ini.

Tapi pasangan ini juga punya uang sendiri, Pangeran Hari mewarisi sekitar 7 juta pound, atau lebih dari Rp 124 miliar dari mendiang ibunya, Putri Diana.

Ia juga menerima warisan dari ibunya Ratu Elizabeth, meski jumlahnya tidak diketahui.

Sebagai pilot helikopter Angkatan Udara Inggris, ia juga menerima gaji tahunan sekitar 50.000 pound, atau lebih dari Rp 880 miliar, per tahun.

Meghan memiliki uang sendiri dari karirnya sebagai artis.

Majalah Forbes memperkirakan keduanya memiliki kekayaan bersih sekitar AU$ 3,2 juta, atau lebih dari Rp 30 miliar.


Akan tetap bayar renovasi tempat tinggal

An aerial view of Frogmore Cottage in the United Kingdom.

Tempat tinggal Harry dan Meghan, Frogmore Cottage, yang berlokasi dekat Windsor Castle. (AP: Matt Dunham/ABC Life: Nathan Nankervis))

Ratu Elizabeth, kini berusia 93 tahun mengatakan dirinya senang , karena mereka telah menemukan jalan konstruktif dan mendukung cucu dan keluarganya.

"Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluargaku yang sangat dicintai," kata Ratu Elizabeth.

"Saya menyadari tantangan yang mereka alami, karena mendapat perhatian yang ketat dalam dua tahun terakhir, serta mendukung keinginan mereka untuk kehidupan yang lebih mandiri," tambah Ratu.

Harry dan Meghan semakin tidak nyaman dengan pengawasan dan perhatian media, sejak kelahiran putra mereka, Archie, bulan Mei lalu.

Ketika ditanya soal dampak perhatian publik kepada kesehatan fisik dan mentalnya, Meghan mengatakan perempuan mana pun, terutama saat sedang hamil, merasa "sangat rentan".

Harry juga menggambarkan perlakuan media terhadap Meghan sebagai bentuk intimidasi, perlakuan yang juga pernah diterima oleh mendiang ibunya, Putri Diana, sebelum meninggal akibat kecelakaan mobil di tahun 1997.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.



Simak Video "Pangeran Harry Ungkap Alasan Mundur dari Keluarga Kerajaan"

[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)