Puluhan Kuda di Brisbane, Australia Mati karena Kekurangan Gizi

ABC Australia - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 10:12 WIB
Brisbane -

Foto-foto yang diberikan organisasi penyelamat hewan kepada ABC memperlihatkan kuda-kuda yang mati dan lainnya dalam keadaan kurang gizi di sebuah peternakan di Toowoomba, bagian barat Brisbane, Australia.

Dari informasi yang diterima, diketahui ada 32 ekor kuda yang telah mati, beberapa di antaranya adalah bekas kuda pacuan.

Peringatan: Laporan ini memuat foto-foto yang membuat anda tak nyaman

Pendiri organisasi penyelamat hewan 'Australian Farm Animal Rescue Matters' (AFARM), Marjorie Pagani mengatakan kondisi ini telah diketahui oleh Departemen Pertanian dan Perikanan Australia (DAF).

"Sedih rasanya mengetahui bahwa tidak ada [perubahan] yang terjadi kecuali kuda-kuda yang kelaparan terus berlanjut," kata Pagani.

Pagani mengatakan, DAF telah mengutus beberapa penyidik ke properti tersebut, lima hari setelah diperingatkan oleh AFARM.

"Dalam kurun waktu lima hari itu, satu lagi [kuda] mati," katanya.

Pemilik kuda, yang meminta tidak disebutkan namanya, mengonfirmasi kondisi buruk kuda-kuda miliknya, selain puluhan kuda yang telah terlebih dulu mati.

Seven dead horses lay in a paddock.

Lebih dari 20 kuda ditemukan mati di sebuah properti di Toowoomba, bagian barat Brisbane. (Supplied)

Pagani mengatakan ia memiliki pengasuh binatang dengan fasilitas kandang di dekatnya, yang siap untuk mengambil kuda dan merawat mereka, tetapi departemen tidak mengambil tindakan untuk memindahkan kuda-kuda itu.

Seorang juru bicara mengatakan inspektur Biosecurity Queensland dan seorang dokter hewan telah menghadiri sebuah properti di daerah Gunung Gowrie, menyusul keluhan kesejahteraan hewan.

Komisioner Queensland Racing Integrity Commission, Ross Barnett, mengatakan kasus ini berada di bawah yurisdiksi Biosecurity Queensland, yang sedang diselidiki.

"Pemilik kuda bukan dan belum menjadi peserta industri balap berlisensi," katanya.

"Tujuh di antara kuda yang telah mati dan kuda dalam kondisi kurang gizi serius teridentifikasi sebagai bekas kuda pacu."

Kepala petugas biosecurity, Malcolm Letts mengatakan sore ini pemilik kuda telah diberi arahan untuk merawat delapan kuda yang tersisa.

"Sangat menyedihkan bagi kami untuk melihat kuda dalam kondisi kuda-kuda yang telah menjadi berita selama 48 jam terakhir di properti barat Toowoomba di sekitar Charlton," katanya.

"Adalah tugas orang-orang yang bertanggung jawab atas kuda untuk melakukan apa pun yang masuk akal dari kuda-kuda itu dan memastikan kesehatan dan kesejahteraan mereka."

Simak laporannya dalam bahasa Inggris disini.


Simak Juga "Tolong! Balita Alfira Gizi Buruk, Tubuhnya Sangat Kurus"

[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)