Kebakaran Hutan Australia Tidak Dilakukan Warga, Lantas Apa Penyebabnya?

ABC Australia - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 04:40 WIB
Canberra -

Selama beberapa pekan terakhir, Australia dilanda kebakaran hutan yang parah, dengan sejumlah media melaporkan ada kebakaran yang sengaja dilakukan oleh warga yang iseng.

Berita ini memperkuat dugaan bahwa manusia-lah yang menjadi penyebab kebakaran semak, bukan karena sebab lain.

Penyebab kebakaran yang tidak akurat ini merupakan bagian dari informasi keliru yang beredar di media sosial mengenai kebakaran di Australia.

Namun menurut penyelidikan yang dilakukan oleh ABC, hanya satu persen lahan di negara bagian New South Wales yang disebabkan oleh kesengajaan warga, bahkan di negara bagian Victoria angka itu lebih rendah dari satu persen.

Kebakaran yang disengaja dilakukan oleh warga, istilahnya 'firebugs', sebenarnya juga menjadi ancaman serius, meski angkanya sangat rendah.

Inspektur Ben Shepherd dari Dinas Pemadam Kebakaran NSW (RFS) mengatakan pada umumnya api kebakaran hutan berasal dari sambaran petir.

"Kita dengan yakin bisa mengatakan sebagian besar kebakaran yang ditangani adalah akibat api yang berasal dari kawasan terpencil akibat sambaran petir," katanya.

Di Victoria, dari 1,2 juta lahan yang terbakar, hanya 385 hektar atau 0.03 persen disebabkan karena hal yang mencurigakan.

Berikut data dan fakta penyebab kebakaran di sejumlah negara bagian di Australia, yang berhasil dikumpulkan ABC dari pihak kepolisian dan pemadam kebakaran dari seluruh Australia.

New South Wales The silhouette of a firefighter is seen in front of a large bushfire burning high into trees.

ABC News: Tara Cassidy: Petugas menangani kebakaran besar di Gospers Mountain di NSW 7 Desember 2019.

Kota Peregian di kawasan Sunshine Coast sudah beberapa kali terancam kebakaran hutan musim ini.

Bulan September, dua remaja dikenai tuduhan menyulut api dan membuat pihak berwenang menyelidiki api yang mencurigakan, terjadi bulan Oktober dan Desember.

Kepolisian Queensland mengatakan sudah ada 1.068 laporan kebakaran hutan antara September sampai 8 Januari 2020, dengan 114 diantaranya sengaja dilakukan.

Lihat berita selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini



(mae/mae)