Kisah dan Foto Memilukan dari Kebakaran Hutan dan Semak di Australia

ABC Australia - detikNews
Sabtu, 04 Jan 2020 14:37 WIB
Canberra -

Kebakaran hutan dan semak masih melanda sebagian besar wilayah Australia, foto-foto dari mereka yang terdampak kebakaran sudah bermunculan selama sepekan terakhir.

Belum ada kepastian kapan kebakaran akan mereda, dengan suhu yang justru akan memburuk akan terjadi akhir pekan ini.

Dan inilah sejumlah kisah mengharukan dari apa yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

Pemakaman petugas relawan
Geoffrey Keaton was farewelled on Thursday.

Pemakaman Geoffrey Keaton hari Kamis (2/1/2020). (NSW RFS)


Sangat mengharukan melihat seorang bocah cilik, yang sambil menghisap dot di mulutnya, ikut dalam upacara mengantar kepergian ayahnya untuk terakhir kalinya.

Anak dari Geoffrey Keaton, seorang relawan pemadam kebakaran yang tewas bulan lalu, menerima medali penghargaan purna untuk tugas yang dijalankan ayahnya.

Geoffrey Keaton dan rekannya Andrew O'Dwyer tewas ketika truk yang mereka naiki terjungkal ketika menabrak sebuah pohon di Sydney barat daya, sepekan menjelang Hari Natal.

Mengenakan seragam petugas kebakaran berukuran kecil, Harvey menerima sematan medali dari Komisioner dalam upacara pemakaman ayahnya Geoffrey, hari Kamis (2/01/2020).

Selamatkan keluarga dengan perahu motor

Finn mengemudikan perahu motor mengungsikan keluarganya di Mallacoota. (Supplied: Via Twitter @Nic_Asher)Finn mengemudikan perahu motor mengungsikan keluarganya di Mallacoota. (Supplied: Via Twitter @Nic_Asher) Foto: ABC Australia



Foto seorang anak laki-laki yang mengemudikan perahu motor membawa keluarganya menyelamatkan diri di tengah langit yang memerah menjadi gambar yang banyak dimuat media.

Allison Marion mengambil foto putranya Finn yang berusia 11 tahun, ketika mereka mengungsi lewat laut di Mallacoota, mejelang akhir tahun 2019.

Marion mengatakan mengabadikan kejadian tersebut untuk 'merekam cerita kami untuk keluarga'.

Namun foto tersebut kemudian banyak dimuat oleh media, baik di Australia maupun di negara lainnya, karena menggambarkan dampak kebakaran semak di Australia secara dramatis.

Ucapan Terima Kasih kepada Petugas Pemadam

Terima kasih CFA dari keluarga Erin Lehman. (Facebook: Erin Lehman)Terima kasih CFA dari keluarga Erin Lehman. (Facebook: Erin Lehman) Foto: ABC Australia



Petugas pemadam kebakaran berusaha keras memadamkan api di Victoria dan New South Wales, tapi warga yang terkena dampak kebakaran sudah menunjukkan penghargaan.

Warga di Mallacoota, Erin Lehman meminta anak-anaknya menulis ucapan terima kasih kepada Country Fire Authority (CFA), nama resmi organisasi pemadam di Victoria.

Mereka yang berada di Tahmoor, New South Wales (NSW) juga meninggalkan 'pesan kecil untuk semua pemadam kebakaran dari langit."

Di NSW petugas kebakaran bergabung dalam organiasi yang dinamakan Rural Fire Service (RFS).

Ucapan terima kasih atas kerja petugas RFS di NSW di wilayah Tahmoor. (Facebook: Beau Bromley)Ucapan terima kasih atas kerja petugas RFS di NSW di wilayah Tahmoor. (Facebook: Beau Bromley) Foto: ABC Australia



"Untuk para pilot yang terbang sepanjang hari dan petugas RFS di lapangan, anda semua hebat," tulis Beau Bromley, yang mengambil foto ucapan terima kasih yang ditulis di atas atap rumah.

"Ketika nanti berakhir, anda semua pantas mendapatkan lebih dari satu gelas bir."

Petugas tidak berhenti bekerja walau Natal

Petugas kebakaran istirahat sejenak di Hari Natal. (NSW RFS)Petugas kebakaran istirahat sejenak di Hari Natal. (NSW RFS) Foto: ABC Australia



Saat Natal, hampir seluruh warga Australia menghentikan kegiatan dan pekerjaan mereka untuk menikmati perayaan dan liburan Natal.

Tapi tidak bagi ribuan petugas kebakaran dan petugas layanan darurat lainnya.

Mereka harus mengorbankan liburan mereka, demi menangani kebakaran hutan dan semak di mana-mana.

Kalaupun mereka harus merayakan Natal di sela-sela tugas mereka, seperti seorang pemadam di NSW, ia sampai harus menggunakan gergaji besar untuk memotong kue.

Satwa liar bertahan hidup

Seekor kookaburra bertengger di cabang sebuah pohon di tengah lokasi kebakaran semak. (NSW RFS)Seekor kookaburra bertengger di cabang sebuah pohon di tengah lokasi kebakaran semak. (NSW RFS) Foto: ABC Australia


Hewan khas Australia, seperti koala atau kanguru, sangatlah terkenal di seluruh dunia. Mereka pun menjadi bahan pemberitaan, karena ikut menjadi korban yang terbakar.

Gambar seekor kanguru yang melarikan diri dari sebuah rumah yang terbakar menjadi berita halaman depan di Inggris, sementara seekor burung kookabura yang bertengger di sebuah pohon yang terbakar juga viral lewat jejaring sosial.

"Hari terakhir di dekade ini terasa seperti kiamat," kata fotografer Matthew Abbott, yang mengabadikan foto kanguru tersebut.

"Sudah meliput kebakaran semak Australia selama enam pekan terakhir, namun belum pernah melihat api seperti kemarin yang menghancurkan kota Conjola, NSW."

Ikuti perkembangan laporan kebakaran di Australia di ABC Indonesia.

(nvc/nvc)