2 Orang Tewas dan 5 Hilang karena Kebakaran Semak di Victoria dan NSW

ABC Australia - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 18:15 WIB
Victoria -

Sedikitnya tujuh orang dilaporkan hilang atau keberadaannya tidak diketahui menyusul kebakaran semak yang melanda beberapa tempat di dua negara bagian Australia, Victoria dan New South Wales.

Di Victoria, empat orang tidak diketahui nasibnya di kawasan East Gippsland, sementara tiga orang lainnya di negara bagian New South Wales, dengan dua orang dilaporkan meninggal di kota Cobargo.

Delapan peringatan akan kebakaran yang sangat berbahaya masih diberlakukan di Victoria, tujuh di East Gippsland, dan satu di sebelah timur Albury, dekat dengan perbatasan Victoria dan New South Wales.

Menteri Utama negara bagian Victoria Daniel Andrews mengatakan pihak berwenang mengkhawatirkan nasib empat warga yang sampai sekarang belum diketahui keberadaannya.

"Kami sangat khawatir dengan keselamatan mereka. Mereka berada di kawasan kebakaran yang aktif, dan kami tidak tahu bagaimana nasib mereka," kata Andrews hari Selasa (31/12/2019).

Kawasan yang masih kritis dengan kebakaran adalah East Gippsland, daerah sekitar 350 km sebelah timur ibukota Melbourne.

Pesta kembang api dibatalkan di Canberra


Menjelang malam pergantian tahun baru, rencana pesta kembang api di kota besar seperti Sydney, Melbourne dan Brisbane tetap akan dilakukan.

Namun di kota-kota lainnya termasuk di ibukota Canberra, pesta kembang api ini dibatalkan karena situasi cuaca yang masih sangat panas dan berpotensi menjadi tidak terkendali.

Di Sydney, yang akan menjadi kota besar di bumi bagian selatan yang memasuki tahun baru 2020, sekitar 1 juta orang diperkirakan akan memadati kawasan Sydney Harbour guna menyaksikan pesta kembang api tersebut.

Tahun ini kembang api ini akan menggunakan bahan seberat 8,5 ton dan menampilkan pertunjukan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Akan ditampilkan pertunjukan yang mengikuti lagu dari Aretha Franklin yang meninggal bulan Agustus lalu yaitu (You Make Me Feel Like) A Natural Woman.

Di Melbourne, kembang api akan diluncurkan dari beberapa lokasi, dan sekitar 400 ribu warga akan memadati kota tersebut.

Sementara di kota ketiga terbesar di Australia Brisbane, sekitar 85 ribu orang diperkirakan akan hadir menyaksikan pesta kembang api yang diluncurkan dari lima tongkang yang berada di Brisbane River.

Ikuti perkembangan terbaru kebakaran semak di Australia lewat tautan di sini



(nvc/nvc)