'Kami Kesulitan Cari Pekerja', Pengusaha Keluhkan Kebijakan Visa Regional Australia

'Kami Kesulitan Cari Pekerja', Pengusaha Keluhkan Kebijakan Visa Regional Australia

ABC Australia - detikNews
Kamis, 28 Nov 2019 13:12 WIB
Canberra -

Sistem visa baru yang mengkategorikan wilayah Australia selain Kota Melbourne, Sydney, dan Brisbane sebagai wilayah regional sejak pertengahan November 2019, kini mulai dikeluhkan pengusaha di sejumlah kota kecil.

Kontroversi Visa Regional:
  • Kota-kota kecil di pedalaman Australia seperti Swan Hill kini harus bersaing mendapatkan pekerja migran terampil dengan kota besar seperti Perth dan Gold Coast
  • Visa regional Australia kini menawarkan kesempatan buat para pekerja migran untuk bekerja dimana saja selain di Sydney, Melbourne dan Brisbane
  • Kebijakan ini mulai dikeluhkan kalangan pemerintah lokal dan pengusaha setempat yang mengaku akan kesulitan bersaing dengan kota besar.

Salah satu pengusaha yang mengeluh dengan kategorisasi ini yaitu Jason King, pemilik pabrik pembuat semi-trailer di Swan Hill, kota pedalaman sekitar 340 km dari Melbourne.

Dengan kategori baru tersebut, Dia mengaku nantinya akan tambah kesulitan mendapatkan pekerja terampil yang mau bekerja dan menetap di kota berpenduduk sekitar 11 ribu jiwa itu.

Selama ini Jason mendapatkan pekerja untuk pabriknya karena bisa menawarkan visa regional pada calon pekerjanya. Namun keunggulan komparatif ini telah hilang, karena harus bersaing dengan kota besar yang kini dikategorikan kota regional.

Misalnya, bersaing dengan Kota Perth di Australia Barat atau Kota Gold Coast di Queensland.

"Saya tidak bisa memahami bagaimana bisa kota-kota itu dianggap sebagai kota regional," kata Jason King kepada wartawan ABC Dominique Schwartz.

"Kami akan sangat kesulitan untuk bersaing mendapatkan pekerja terampil. Saya rasa Swan Hill tidak akan punya peluang," katanya.

Jason stands at a welding bench talking to an employee.

Jason King menilai kota kecil Swan Hill akan kesulitan bersaing dengan kota besar seperti Gold Coast yang kini telah dikategorikan sebagai wilayah regional dalam sistem visa baru. (ABC News: Dominique Schwartz)

Pemkot Swan Hill kini aktif mempromosikan wilayahnya kepada para pencari kerja melalui kampanye Dream Swan Hill.

"Kami (di Swan Hill) sebenarnya memiliki lebih banyak sinar matahari dan gaya hidup yang indah daripada Gold Coast," kata Scholz.

Menurut Regional Australia Institute, ada 48.000 lowongan kerja terampil di luar kota metropolitan saat ini.

Perdana Morrison Scott Morrison mengatakan meski fokus aturan baru ini pada wilayah regional, namun pihaknya tetap membuka kesempatan bagi para migran untuk pergi ke tempat yang membutuhkan mereka, termasuk Adelaide, Darwin, Hobart dan Newcastle.

External Link: YouTube: Swan Hill Rural City Council

Dengan mewajibkan migran terampil untuk tinggal di wilayah regional selama tiga tahun, pemerintah berharap para migran itu akan tetap tinggal di sana begitu mereka menjadi penduduk tetap.

Simak berita-berita menarik lainnya dari ABC Indonesia.



(ita/ita)