detikNews
Kamis 21 November 2019, 12:56 WIB

Victoria Berlakukan Keadaan Darurat Cuaca, Mildura Dipenuhi Debu Oranye

ABC Australia - detikNews
Victoria Berlakukan Keadaan Darurat Cuaca, Mildura Dipenuhi Debu Oranye
Melbourne -

Setelah negara bagian New South Wales, Queensland dan South Australia mengalami kebakaran semak, hari Kamis (21/11/2019) keadaan darurat cuaca diberlakukan di negara bagian Victoria termasuk Melbourne.

Ini adalah untuk pertama kalinya, "Code Red" (Kode Merah) diberlakukan dalam 10 tahun terakhir dengan kebakaran semak parah dilaporkan terjadi di bagian utara negara bagian, dan badai debu membuat kota Mildura berwarna oranye.

Peringatan darurat kebakaran dikeluarkan sekitar pukul 14:36 sore di kawasan Victoria utara dan tengah, di kota-kota seperti Bonn, Fairy Dell, Nannela, Rochester, Strathallan dan Timmering, warganya diberitahu bahwa mereka sudah terlalu terlambat untuk mengungsi.

Namun kebakaran dengan angin kencang dan suhu tinggi di negara bagian Victoria ini sedikit terbantu dengan datangnya perubahan angin yang menyejukkan hari Kamis sore.

A helicopter drops a huge bucket of water over a largely burnt-out patch of grassland, with some orange flames still visible.

Petugas berusaha mematikan api di dekat kota Clunes di negara bagian Victoria. (ABC News: Peter Lusted)

Sementara itu di Swan Hill, 339 km dari Melbourne, suhu di hari Kamis siang tercatat 43,6 derajat Celcius.

Angin kencang yang melanda kota Melbourne juga membuat transportasi tram sempat terganggu dengan tram di kawasan Swanton Street sempat dihentikan.

Sebuah atap besi jatuh dari sebuah gedung bertingkat dan menyebabkan gangguan listrik pada salah satu jalur tram paling sibuk di kota Melbourne tersebut.

Tingkat polen juga diperkirakan sangat ekstrim, dan mereka yang mengidap asma diperingatkan untuk berhati-hati karena suhu dengan angin kencang seperti ini bisa menyebabkan apa yang disebut badai serangan asma, yang bisa menimbulkan kematian.

Lihat berita selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini




(ita/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com