detikNews
Selasa 19 November 2019, 16:11 WIB

Azan Berkumandang Pertama Kalinya di Minaret Masjid Tertua Melbourne

ABC Australia - detikNews
Azan Berkumandang Pertama Kalinya di Minaret Masjid Tertua Melbourne
Melbourne -

Berada di tengah-tengah permukiman warga di kawasan Carlton North, tak jauh dari pusat kota Melbourne, berdiri sebuah masjid lengkap dengan minaret berwarna putih.

KP Albanian Mosque
  • Migran Albania datang ke Australia untuk alasan ekonomi dan lari dari perang
  • Masjid Albania memberikan bantuan kepada pendatang baru dan mahasiswa internasional
  • Tetangga sekitar mengaku tidak ada masalah dengan keberadaan masjid

Masjid Albania dipercaya sebagai masjid pertama yang dibangun di kota Melbourne oleh migran asal Albania pada pertengahan tahun 1960-an dan dibuka secara resmi tahun 1969.

Desain awal dari bangunan ini berbentuk persegi dengan batu bata berwarna kecokelatan. Sebuah minaret baru ditambah di tahun 1994, setelah mendapat izin dari Pengadilan Tinggi Australia.

Albanian Mosque Heritage

Desain awal Masjid Albania yang sudah dilengkapi sebuah minaret sebelum renovasi besar-besaran. (Foto: ABC News, Erwin Renaldi)

Yang disebut sebagai pendatang Albania di Australia tidak hanya mereka dengan darah Albania, tapi termasuk yang berasal dari Kosovo, Montenegro, dan Macedonia, menurut data dari 'Australian Census'.

Kebanyakan dari mereka pindah ke Australia dengan alasan ekonomi, seperti yang dijelaskan oleh AAIS, karena kondisi perang di negara asalnya, terutama setelah Perang Dunia.

Di periode awal kedatangannya ke Australia, migran asal Albania bekerja di pertanian dan perkebunan, khususnya di negara bagian Queensland dan Victoria.

Menurut 'Heritage Council Victoria' kawasan Carlton di Melbourne telah menjadi tujuan para pendatang dari berbagai negara di Eropa yang terkena dampak Perang Dunia yang pertama dan kedua.

Warga yang tinggal di kawasan Carlton ikut hadir dalam perayaan 50 tahun Masjid Albania, yang juga menawarkan sejumlah aktivitas untuk anak-anak dan keluarga.

Mereka juga menikmati aneka makanan khas Albania yang dijual sambil menonton tarian asal Albania yang dibawakan anak-anak.

Sejumlah politisi, termasuk Adam Bandt dari Partai Hijau dan mewakili Melbourne di kursi parlemen Australia juga nampak hadir dalam perayaan tersebut.

Ikuti cerita seputar kehidupan di Australia, termasuk kerja dan studi di Australia hanya diABC Indonesiadan bergabunglah dengankomunitas kami di Facebook




(ita/ita)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com