detikNews
Senin 04 November 2019, 13:20 WIB

Begini Cara Pebisnis Australia Hadapi Maraknya Daging Oplos di China

ABC Australia - detikNews
Begini Cara Pebisnis Australia Hadapi Maraknya Daging Oplos di China
Canberra -

Tingkat konsumsi daging sapi masyarakat China telah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini menyebabkan jumlah ekspor daging sapi Australia ke China melonjak menjadi 73 persen pada tahun lalu dan menempatkan negara ini sebagai pasar ekspor daging sapi terbesar Australia.

Daging Sapi Australia Marak Dioplos Di China
Daging Sapi Australia Marak Dioplos Di China:
  • Per September, China menjadi pasar ekspor daging sapi terbesar di Australia
  • Pakar mengatakan penipuan/pengoplosan daging sapi Australia banyak terjadi dan sulit dilacak
  • Perusahaan yang berbasis di Brisbane menggunakan blockchain untuk melacak asal-usul daging sapi yang diekspor dengan aman

Konsumen China rela membayar hingga ratusan dolar per kilogram untuk menikmati potongan steak yang tepat dari negara yang mereka percayai, tetapi sering kali mereka tidak mendapatkan daging sapi berkualitas asal Australia seperti yang mereka kira.

PricewaterhouseCoopers (PwC) memperkirakan bahwa setiap kilogram daging sapi yang dijual di China di bawah bendera Australia bukan daging sapi asal Australia.

Pemimpin agribisnis PwC, Craig Heraghty, mengatakan sangat sulit untuk menentukan skala dari praktek pengoplosan daging sapi Australia ini secara pasti.

"Dugaan ini kami dasarkan pada hasil informasi yang kami kumpulkan dari klien yang selama in menjual daging merah ke pasar China, distributor di lapangan dan industri penggembalaan ternak yang melayani pasar China," kata Craig Heraghty.

Daging sapi Australia di Cina

Minat yang tinggi terhadap daging sapi asal Australia meningkat hampir dua kali lipat selama 10 tahun terakhir, tetapi daging 'steak palsu' juga menjadi semakin umum. (ABC Landline: Pip Courtney)

Diterbitkan ulang dari artikel berbahasa Inggris disini.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com