detikNews
Rabu 30 Oktober 2019, 13:34 WIB

Gunakan Lukisan Tiruan Tanpa Izin, Aktor Ricky Gervais Bayar Ganti Rugi ke Seniman Aborijin

ABC Australia - detikNews
Gunakan Lukisan Tiruan Tanpa Izin, Aktor Ricky Gervais Bayar Ganti Rugi ke Seniman Aborijin
Canberra -

Perusahaan rumah produksi (PH) milik aktor Inggris, Ricky Gervais diperintahkan membayar uang kompensasi kepada seorang seniman Aborijin setelah program sitkom populer yang dibintanginya di saluran Netflix 'After Life' menampilkan salinan lukisan karya seniman Aborijin tanpa izin.

Kasus gugatan ini bergulir setelah drama komedi Ricky Gervais ini ditayangkan Maret lalu dan menampilkan karakter Gervais tengah duduk di sebuah ruangan berlatar lukisan motif titik (dot) berukuran besar khas Aborijin.

Belakangan lukisan itu diketahui sebagai lukisan tiruan yang dibuat seorang seniman Inggris yang menyalin lukisan seniman Aborijin Warlimpirrnga Tjapaltjarri

Perusahaan PH milik Gervais yang memproduksi acara itu, Derek Productions, sekarang diwajibkan membayar sejumlah kompensasi yang tidak diungkapkan jumlahnya kepada seniman Aborijin Warlimpirrnga Tjapaltjarri karena telah menggunakan salinan karya lukisannya tahun 1987 berjudul Tingarri Dreaming.

Paul Sweeney dari kolektif Artis Tula Papunya di Alice Springs, yang mewakili Tjapaltjarri dalam gugatan ini mengaku senang dengan penyelesaian kasus ini.

"Sangat penting bahwa karya Tjapaltjarri dan karya semua seniman Aborijin dan Torres Strait Islander Australia diakui dan dihormati," kata Sweeney.

Selain membayar kompensasi, perusahaan PH Gervais juga diwajibkan membayar biaya untuk kelanjutan penggunaan lukisan Tjapaltjarri itu di musim kedua drama komedi 'After Life' yang dibintanginya.

Kesepakatan ini dinegosiasikan oleh Badan Hak Cipta Australia, yang bekerja atas nama para seniman untuk melindungi pengaturan lisensi dan hak cipta.

Kepala eksekutif Badan Hak Cipta, Adam Suckling, mengatakan kesepakatan itu mencakup musim pertunjukan yang lalu dan yang akan datang.

"Perusahaan produksi Gervais sangat terbuka untuk bekerja sama dengan kami guna menyelesaikan masalah ini, mereka setuju untuk membayar lisensi karena penggunaan untuk seri pertama dan lisensi dari reproduksi salinan dari lukisan asli itu pada seri kedua program mereka, yang baru-baru ini telah rampung pengambilan gambarnya dan akan dirilis pada tahun 2020. "

Lukisan Tingarri Dreaming kini menjadi bagian dari koleksi lukisan di Galeri Nasional Victoria, yang kini telah memasok gambar lukisan asli yang sah untuk disalin dan digunakan pada musim kedua.

Sementara seniman pembuat tiruan lukisan Tingarri Dreaming, Timna Woollard, langsung meminta maaf atas kasus ini dan mengatakan kepada ABC bahwa lukisan itu termasuk di antara beberapa lukisan yang dilukisnya ulang atas permintaan sebuah perusahaan televisi dan prop Inggris pada tahun 1999.

"Gambar ini adalah salah satunya. Dua dekade kemudian, saya terkejut melihatnya digunakan dalam drama Netflix Ricky Gervais, After Life."

Drama komedi 'After Life' menampilkan Ricky Gervais sebagai pria yang berduka setelah kematian istrinya karena kanker dan merupakan salah satu karya TV yang paling banyak ditonton saat ini.

Simak berita lainnya dari ABC Indonesia.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com