detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 12:55 WIB

Semakin Banyak Akademisi Asing yang Ditahan Otoritas Iran

ABC Australia - detikNews
Semakin Banyak Akademisi Asing yang Ditahan Otoritas Iran
Teheran -

Iran dituding telah menahan sejumlah akademisi berkewarganegaraan ganda, beberapa diantaranya warga negara Australia Iran. Otoritas Iran menahan mereka atas tuduhan spionase.

Warga Australia asal Iran ditahan Iran

Akademisi yang ditahan ini juga diduga telah dijadikan alat pertukaran tahanan oleh otoritas Iran.

Ilmuwan Iran Reza Dehbashi Kivi akhirnya diizinkan kembali ke Iran setelah ditahan di Australia selama 13 bulan atas tuduhan Amerika Serikat kalau ia berusaha mengekspor peralatan pertahanan ke Iran.

Meski belum terkonfirmasi oleh Pemerintah Australia, namun diduga pembebasannya dilakukan dengan imbalan pembebasan dua blogger traveling asal Australia yang ditahan oleh Iran.

Kedua blogger Australia itu dibebaskan pada saat yang bersamaan dengan pembebasan Reza Dehbashi.

Jika pertukaran tahanan antara Australia dan Iran ini benar terjadi, Profesor Milani menyebut sangat tragis jika akademisi sedang digunakan dalam pertukaran tahanan semacam itu.

"Hal ini akan sangat menghancurkan kehidupan mereka, menyadari mereka telah digunakan sebagai pion dalam negosiasi seperti ini, sesuatu yang sangat memalukan," katanya.

Profesor Milani mengatakan seringnya terjadi penahanan akademisi ini banyak berkaitan dengan penanganan kasus oleh pemerintah asing.

"Saya pikir praktek pertukaran tahanan ini hanya akan semakin memperkuat keinginan rezim Iran untuk terus mengambil sandera," katanya.

"Alasan mereka terus melakukannya adalah karena negara-negara Barat secara historis mengikuti permainan ini."

"Jika saja negara barat tegas sejak awal dan mengatakan 'tidak', maka permainan mereka itu tidak akan menguntungkan bagi mereka seperti sebelumnya."

Simak berita-berita menarik lainnya di situs ABC Indonesia.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com