detikNews
Selasa 17 September 2019, 13:55 WIB

Terbukti, Tubuh Manusia Kini Mengandung Sampah Mikroplastik

ABC Australia - detikNews
Terbukti, Tubuh Manusia Kini Mengandung Sampah Mikroplastik
Tasmania -

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan manusia sudah kemasukan sampah mikroplastik. Namun apakah sampah mikroplastik dalam tubuh kita itu berbahaya bagi kesehatan?

Dalam sebuah studi yang dimuat di jurnal Annals of Internal Medicine, disebutkan bahwa delapan partisipan penelitian semuanya memiliki sampah mikroplastik dalam kotoran mereka.

Delapan orang dewasa yang sehat yang berasal dari Eropa, Rusia, dan Jepang semuanya memiliki antara 18 sampai 172 partikel mikroplastik dalam buangan kotoran mereka, dengan sembilan bahan plastik yang berbeda.

Dan ini bukanlah penelitian pertama yang mengukuhkan bahwa selain binatang, manusia berulang kali menelan bahan mikroplastik.

Dari mana mikroplastik berasal?

Woman drinking from water bottle against sunset

Salah satu sumber masuknya mikroplastik ke dalam tubuh manusia adalah lewat air botolan. (Getty images: Daniela Dirscherl)

Karena ini merupakan ladang penelitian baru, masih banyak yang belum diketahui mengenai dampak mikroplastik ini bagi ekosistem keseluruhan termasuk bagi manusia, kata Jennifer Lavers dari University of Tasmania.

Dan melakukan penelitian terhadap binatang laut juga susah dilakukan untuk mendapatkan bukti jangka panjang terutama untuk spesies yang besar.

"Bila kita ingin meneliti dampak plastik atau bahan kimia terhadap binatang, kita harus bisa menangkap dan mempelajari binatang tersebut selama beberapa waktu lamanya." kata Dr Lavers.

"Jadi katakan tuna, kita bisa menangkap tuna sekali, namun bagaimana kita bisa menangkap tuna yang sama berkali-kali."

"Dan kalau kita membayangkan binatang seperti paus, itu tidak mungkin bisa dilakukan."

Hal demikian juga terjadi pada manusia.

Saat ini tidak banyak data tersedia untuk mengetahui dampak kesehatan mikroplastik terhadap manusia sehingga perlu dilakukan penelitian lebih banyak untuk mengetahui dampaknya.

Namun untuk sementara karena mikroplastik tersebut ditemukan buangan kotoran menunjukkan bahwa plastik tidak mengendap dalam tubuh manusia.

Yang menjadi masalah adalah apa yang sebenarnya terjadi ketika mikroplastik ini berada dalam tubuh kita.

Menurut Dr Thava Palanisami dari Universitas Newcastle, salah satu bahan plastik yang berpotensi buruk terhadap kesehatan adalah Bisphenol (BPA).

"BPA dianggap berpotensi menyebabkan kanker. Juga ada bahan kimia lain yang berbahaya. Ada sekitar 10 bahan kimia dalam plastik yang berdampak terhadap kesehatan manusia." kata Dr Palanisami.

Sekarang semua tergantung pada seberapa banyak bahan-bahan berbahaya itu dalam sistem pencernaan manusia.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com