detikNews
Selasa 10 September 2019, 14:29 WIB

Pasang Status 'Single', Inilah Saat Terakhir Kehidupan Novy Chardon

ABC Australia - detikNews
Pasang Status Single, Inilah Saat Terakhir Kehidupan Novy Chardon
Queensland -

Di Queesnland (Australia) sidang kasus pembunuhan dengan Terdakwa John William Chardon (72 tahun) telah memasuki fase akhir setelah para juri pada hari Senin (9/9/2019) menyatakan dia terbukti bersalah menyebabkan kematian istrinya Novy, meskti tidak terbukti melakukan pembunuhan.

Pengadilan HilangnyaNovyChardon
  • Suaminya John Chardon sudah dinyatakan bersalah oleh pengadilan dengan tuduhan lebih ringan
  • Novy Chardon berasal dari Indonesia dan menghilang bulan Februari 2013
  • Pasangan ini tinggal di kawasan Gold Coast, Queensland

Bagaimana saat-saat terakhir kehidupan wanita asal Surabaya yang sudah bertekad ingin keluar dari kehidupan suaminya tersebut?

Penelusuran ABC dari berbagai sumber menunjukkan bahwa mereka bertemu sekitar tahun 2001 dan meski ada perbedaan usia lebih dari 30 tahun, keduanya saling cinta dan menikah sebulan kemudian.

Saat itu John menjalankan bisnis di Indonesia dan Novy bekerja di salah satu jaringan hotel sebagai costumer relations.

Kesaksian di persidangan menyebut bahwa Novy mencintai John dan bersedia menikahi pria yang jauh lebih tua darinya itu "semata-mata karena faktor cinta".

Kehidupan pasangan ini pun berjalan sangat harmonis dan telah dikaruniai dua anak, yaitu Channelle (kini sekitar 15 tahun) dan Alex yang dua tahun lebih muda.

John juga memiliki dua anak lainnya yang telah dewasa dan hampir sebaya dengan Novy, dari istri sebelumnya. Diketahui pula bahwa Novy merupakan wanita kelima yang dinikahi oleh John.

novy dua anak.jpg

Novy dikaruniai dua orang anak dari pernikahannya dengan John Chardon. (Istimewa)

John sendiri, pada Oktober 2015 dipenjara dalam kasus terpisah, yaitu pelecehan seksual terhadap anak-anak yang dia lakukan di tahun 1990-an.

Pengadilan Banding di Brisbane saat itu menguatkan vonis enam tahun terhadap John, dan berhak mengajukan bebas bersyarat setelah tiga tahun.

Dalam dakwaan ini disebutkan bahwa John menggauli gadis remaja usia 15 tahun, yang dia daftarkan sebagai pembantu di rumahnya.

Korban tersebut, pada usia 17 tahun, kemudian menandatangani dokumen yang menyatakan dirinya setuju berhubungan seks dengan John Chardon dengan imbalan uang.

Kontrak tersebut berakhir tahun 2003, yaitu sekitar dua tahun setelah John menikahi Novy.

Sidang pekan depan yang dipimpin Hakim A.Lyons ini akan memasuki tahap vonis.

Dalam sistem hukum di Australia, dakwaan menyebabkan orang lain meninggal dunia (manslaughter) lebih ringan ancaman hukumannya dibandingkan dakwaan melakukan pembunuhan dengan sengaja (murder).

Kasus ini disidangkan di Mahkamah Agung Queensland, atau supreme court, yang berwenang memeriksa kasus-kasus kriminal di negara bagian tersebut.

Simak berita lainnya dari ABC Indonesia.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com