detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 10:16 WIB

Tabrakan Maut di Australia, Ibu dan Empat Anaknya Tewas

ABC Australia - detikNews
Tabrakan Maut di Australia, Ibu dan Empat Anaknya Tewas Foto: ABC News
Brisbane -

Tabrakan antara sebuah mobil dan truk di jalan highway di pinggiran Kota Brisbane, Australia, telah menewaskan seorang ibu dan empat anaknya. Dalam kejadian ini kedua kendaraan hangus terbakar.

Kepolisian Queensland menjelaskan, kecelakaan terjadi ketika mobil Nissan jenis station wagon mencoba menyalip sebuah truk di Bunya Highway sekitar Pukul 19:30, Senin (27/5/2019) malam.

Nahas bagi mobil itu, karena pada saat bersamaan sebuah truk yang melaju kencang datang dari arah berlawanan. Kedua kendaraan itu pun bertabrakan kemudian terbakar.

Pengemudi mobil adalah seorang wanita berusia 35 tahun. Dia membawa empat orang anaknya yang semuanya masih berusia di bawah 10 tahun saat kejadian.

Tiga orang anaknya meninggal di TKP, sementara seorang anak lainnya sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat dalam kondisi kritis.

Anak itu kemudian meninggal saat diterbangkan ke Rumah Sakit Anak Queensland.

Pengemudi truk dilaporkan selamat meski mengalami luka-luka yang tidak mengancam jiwanya. Dia mendapatkan perawatan di rumah sakit terdekat.

Stephen Zsombok dari kepolisian setempat menjelaskan petugas paramedis tiba di TKP dan menyaksikan "pemandangan mengerikan".

"Ada sejumlah orang yang terjebak dan tak dapat menyelamatkan diri dari api yang menghanguskan kendaraan itu," jelasnya.

"Kobaran apinya besar dan menimbulkan asap di TKP sehingga sulit untuk dijangkau," tambah Komisaris Polisi Zsombok.

A fire truck drives past strewn car parts and dirt and the charred grass from a fiery fatal crash.
Situasi di TKP menunjukkan bekas tabrakan truk dan mobil. Tampak sisa-sisa kebakaran. (ABC News)

Seseorang yang berada di TKP saat kejadian, katanya, akhirnya berhasil menjangkau salah seorang anak perempuan dalam mobil itu.

"Petugas kami berusaha melewati asap dan kobaran api untuk menjangkau mereka, menangani mereka, dan sempat memberikan perawatan dan langsung mengangkut mereka ke Rumah Sakit Kingaroy," kata Komisaris Zsombok.

"Sopir truk sendiri mengalami luka bakar di lengannya. Kami yakin bahwa luka bakar itu dia alami akibat berusaha menolong korban di mobil," katanya.

Polisi lainnya Inspektur Graeme Paine menggambarkannya kejadian ini sebagai "tragedi".

"Kejadian ini benar-benar bencana. Ini salah satu kecelakaan terburuk yang pernah saya lihat," katanya.

"Kami menawarkan dukungan apa pun yang kami bisa bukan hanya kepada para petugas pertolongan pertama di TKP tapi juga kepada pihak keluarga korban," ujarnya.

Jalan Bunya Highway ditutup untuk umum selama beberapa jam sejak kejadian.

Penyidik khusus dari Brisbane memeriksa TKP pada Selasa pagi.

Ikuti berita lainnya dari ABC Indonesia di sini.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed