DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 17:59 WIB

Terapi Sel Untuk Obati Kanker Dibuka di Melbourne

ABC Australia - detikNews
Terapi Sel Untuk Obati Kanker Dibuka di Melbourne
Melbourne -

Pusat Kanker Peter MacCallum di Melbourne, Australia, mulai menyediakan layanan terapi sel untuk mengobati kanker. Bentuk terapinya berupa T-CAR yang didanai pemerintah sebesar $ 80 juta.

Bentuk baru perawatan penyakit kanker ini berupa pengangkatan beberapa sel sistem kekebalan tubuh pasien sehingga dapat direkayasa ulang di laboratorium. Sel-sel kekebalan tubuh yang telah direkayasa tersebut kemudian dimasukkan kembali ke tubuh pasien untuk menyerang sel kanker.

"Australia sekarang menjadi salah satu pusat utama di dunia, bukan hanya untuk pengobatan tetapi juga untuk terapi sel T CAR," ujar Menter Kesehatan Greg Hunt.

Fasilitas ini, katanya, bukan hanya yang pertama di Australia, tapi juga di Asia.

Perawatan terapi sel T CAR baru disetujui penerapannya oleh Therapeutic Goods Administration, otoritas bidang kesehatan di Australia, pada Desember tahun lalu. Biayanya sebesar $ 598.000 (sekitar Rp 6 miliar) per pasien.

Simon Harrison dari Peter MacCallum Cancer Centre menjelaskan lembaganya kini sudah mulai menggunakan terapi sel T CAR untuk mengobati pasien dalam uji klinis.

Menurut dia, pembiayaan terapi yang ditanggung pemerintah akan diputuskan dalam beberapa minggu mendatang.

Menkes Hunt mengatakan jika pendanaan disetujui, pasien kemungkinan tidak perlu mengeluarkan biaya atau kemungkinan akan sangat murah.

"Sesuatu yang tak mampu dijangkau semua orang, kini bisa dijangkau semua orang," ujarnya.

"Bukan hanya akan membantu pasien di negara bagian Victoria, tapi juga pasien dari seluruh Australia dan mudah-mudahan pasien di seluruh dunia," kata Menkes Hunt.

Cancer patient says new therapy saved her life
Lauren Krelsham merupakan salah satu warga Australia yang...Play

Lauren Krelsham merupakan salah satu warga Australia yang pertama menerima terapi baru untuk leukaemia yang dideritanya. (ABC News )

Salah satu pasien yang pertama menerima terapi sel yaitu Lauren Krelsham, yang menderita leukemia limfoid akut.

Menurut dia, perawatan ini memberi harapan baru setelah dia dimasukkan ke perawatan paliatif sekitar empat tahun lalu.

"Ketika ada terapi sel T CAR, saya memiliki kesempatan untuk hidup lagi," katanya. "Terapi sel T CAR menyelamatkan hidupku."

Sekarang dia dalam penyembuhan total, meski terus dirawat dengan imunoglobin intravena setiap bulan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuhnya melawan infeksi.

Pendanaan untuk pusat kanker ini telah dianggarkan Pemerintah Australia untuk bidang riset kesehatan di Victoria.

"Ini untuk memastikan bahwa Victoria, khususnya Melbourne, jadi pusat penelitian kesehatan global untuk kanker dan berbagai penyakit langka," kata Menkes Hunt.

Simak juga berita lainnya dari ABC Indonesia.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed