DetikNews
Minggu 03 Maret 2019, 01:27 WIB

Warga Lebanon Unjuk Rasa Desak Pemerintah Larang Pernikahan Anak

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Warga Lebanon Unjuk Rasa Desak Pemerintah Larang Pernikahan Anak Foto: detik
Beirut - Ratusan orang melakukan aksi demonstrasi untuk melarang dilegalkannya pernikahan anak. Warga memprotes diperbolehkannya anak berumur 14 tahun untuk menikah.

Diorganisir oleh beberapa organisasi kemasyarakatan, warga memprotes adanya pernikahan anak di Beirut, Lebanon (Sabtu/2/3/2019). Dilansir dari AFP, warga membawa papan bertuliskan "Tidak sebelum 18" dan "Hentikan pernikahan dini".

Salah seorang demonstran Abir Abdel Razeq (22) mengaku menikah di umur 14 tahun. Dia berharap anaknya tidak mengikuti jejaknya untuk menikah muda.

"Saya berharap anak saya tidak menikah lebih awal dan bisa menyelesaikan sekolah. Saya berharap dia tidak akan menikah sebelum dia berusia 22", kata Razeq.

Aksi demonstrasi sendiri muncul untuk mendesak parlemen segera mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) yang mengatur pelarangan anak menikah di bawah 18 tahun. Lebanon sendiri merupakan negara yang tidak memiliki undang-undang nasional yang mengatur tentang perkawinan dan perceraian.

Aturan mengenai perkawinan diatur oleh 18 komunitas agama. Sebagian kelompok komunitas Muslim dan Kristen memungkinkan anak perempuan menikah pada usia 14 tahun.
(fdu/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed