DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 09:00 WIB

Pemerintah Thailand Tangani Negosiasi Film Penyelamatan Tim Bola

ABC Australia - detikNews
Bangkok -

Pemerintah Thailand berencana untuk mengambil bagian besar dari kesepakatan film yang ditandatangani oleh keluarga tim sepak bola Wild Boars yang diselamatkan dari gua beberapa waktu lalu.

Poin utama:
  • Kesepakatan hak film untuk kisah anggota tim bola anak itu semakin dekat untuk diwujudkan
  • Keluarga telah membentuk perusahaan untuk menegosiasikan hak atas saran dari Pemerintah Thailand
  • Film berbahasa Thailand tentang penyelamatan tim bola itu telah menyelesaikan pengambilan gambar dan akan dirilis pertengahan tahun

Menurut dua sumber yang mengetahui pembicaraan tersebut, yang meminta untuk tak disebutkan namanya karena kemungkinan tindakan balasan dari Pemerintah Thailand, negosiasi panjang mengenai hak-hak film semakin mendekati kesepakatan.

ABC memahami perwakilan dari dua perusahaan film yang bersaing akan bertemu dengan anggota keluarga pada 25 Februari untuk membahas penawaran mereka.

Ke-12 pemain dan pelatih Akademi Bola Wild Boars menjadi pemberitaan internasional setelah penyelamatan dramatis mereka dari gua yang banjir di bulan Juli.

Sementara seorang agen Amerika telah menggembar-gemborkan perjanjian lisan di antara beberapa pemain kunci dalam penyelamatan itu dengan rumah produksi Universal Studios, belum ada kesepakatan formal yang telah diselesaikan dengan keluarga anggota klub tersebut.

Dua perusahaan film memperebutkan hak tayang
Dua perusahaan film memperebutkan hak tayang untuk mengisahkan perjuangan bocah-bocah klub bola Thailand dalam upaya penyelamatan. (Reuters: Soe Zeya Tun)


Atas saran dari Pemerintah Thailand, keluarga telah mendaftarkan perusahaan bernama Thirteen Tham Luang Co Ltd, dengan pelatih Ekkapol Chantawong yang ditunjuk sebagai direktur.

"Mulai sekarang setiap kesepakatan harus melalui perusahaan ini," ujar sumber yang dekat dengan perundingan itu kepada ABC.

Pemerintah Thailand telah menyarankan untuk menunjuk seorang pemenang kontes kecantikan terkenal sebagai negosiator untuk keluarga anggota klub bola itu.

Pemerintah Thailand telah dihubungi untuk dimintai komentar.

Sebuah film berbahasa Thailand telah menyelesaikan pengambilan gambar dan dijadwalkan dirilis pertengahan tahun. Sementara media National Geographic telah membuat film dokumenter di gua itu.

Tekanan dari Pemerintah

Sejak penyelamatan itu, ada permintaan yang tinggi terhadap anggota tim Wild Boars untuk tampil di acara internasional.

Anak-anak itu pergi ke Argentina untuk Olimpiade Pemuda, ke Inggris untuk acara TV dan ke AS untuk tampil di acara Ellen Show.


Namun, ABC menerima informasi bahwa pengaturan yang dilakukan Pemerintah Thailand untuk perjalanan itu telah membuat beberapa keluarga tidak mau bepergian lagi.

"Beberapa orang tua tidak ingin anak-anak mereka bepergian karena mereka tidak tahu rincian perjalanan itu," kata seorang sumber yang tahu soal pengaturan perjalanan tersebut.

Setelah perjalanan ke Inggris dan AS, para orang tua bergabung bersama untuk memberi tahu "komite kreatif" yang dibuat oleh Pemerintah bahwa mereka ingin anak-anak itu berhenti bepergian ke negara asing dan fokus pada sekolah mereka.

Tetapi pada hari-hari berikutnya, seorang anggota komite menelepon orang tua dan meyakinkan beberapa orang untuk membiarkan anak laki-laki mereka pergi ke Dubai.

ABC mendapat laporan bahwa Pemerintah Thailand menerima 17 permintaan internasional agar bocah-bocah itu tampil, termasuk perjalanan ke Australia.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Ikuti berita-berita lain di situs ABC Indonesia.




(nvc/nvc)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed