DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 10:10 WIB

Jalin Hubungan dengan Bawahan, Menteri di Tasmania Mundur

ABC Australia - detikNews
Jalin Hubungan dengan Bawahan, Menteri di Tasmania Mundur
Tasmania -

Menteri Industri Primer Tasmania Sarah Courtney menyatakan mundur sementara dari jabatannya untuk menjalani penyelidikan atas "hubungan pribadi" dengan kepala departemen yang juga bawahannya.

Hal itu disampaikan Menteri Utama Tasmania Will Hodgman hari Selasa (16/10/2018) dalam sidang parlemen negara bagian Australia tersebut.

Menurut Dodgman, Sarah Courtney mengajukan permintaan mengundurkan diri setelah pada hari Minggu menyampaikan telah menjalin hubungan pribadi dengan Dr John Whittington yang juga kepala departemen kementerian yang dibawahi Courtney.

Menurut Hodgman, mundur sementara diri jabatannya sambil menunggu hasil dari pemeriksaan mengenai kemungkinan adanya konflik kepentingan.

Kepala Departemen Industri Primer, Taman, Air, dan Lingkungan (DPIPWE) Dr Whittington untuk sementara juga diberhentikan selama berlangsungnya pemeriksaan.

John Whittington
Kepala Departemen Industri Primer negara bagian Tasmania Dr John Whittington. (Supplied: University of Tasmania)

Hodgman mengatakan pihaknya memerintahkan stafnya untuk memeriksa seluruh keputusan terkait yang dibuat oleh Menteri Courtney.

Dia juga meminta pertimbangan apakah perlu adanya penyelidikan mengenai pelanggaran kode perilaku yang dilakukan Dr Whittington.

Hodgman menambahkan, pihaknya meminta masukan mantan jaksa Damian Bugg QC untuk menentukan adanya pelanggaran kode etik menteri.

Untuk sementara, Hodgman mengambilalih tanggung-jawab Menteri Industri Primer.

Dia meminta semua pihak untuk menghormati masalah privasi kedua pejabat tersebut.

Courtney menduduki jabatan menteri tersebut sejak Maret lalu.

Sedangkan Dr Whittington menjabat sebagai kepala departemen ini atas penunjukan Hodgman pada 2014. Jabatan ini bergaji sekitar $ 400.000 pertahun.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed