Masterchef Bersaudara: Arnold Poernomo di Indonesia, Reynold di Australia

Australia Plus ABC - detikNews
Kamis, 14 Jul 2016 13:05 WIB
Sydney -

Brothers Reynold dan Arnold Poernomo dilahirkan di Indonesia dan besar di Sydney. Dengan kedua orang tua terlibat dalam bisnis restoran, keterlibatan mereka dalam soal makanan dimulai dari dini. Reynold pernah menjadi peserta MasterChef Australia dan Arnold menjadi juri dalam acara MasterChef Indonesia dan MasterChef Junior. Sekarang kedua bersaudara ini menjadi chef dan pemilik KOI Dessert Bar di Sydney. Arnold juga menjalankan restoran NOMZ di Jakarta.

Ketika masih kecil, apa mimpi anda untuk menjadi ketika dewasa nantinya ?

Reynold: "Saya selalu ingin menjadi pengacara atau pilot, tidak pernah membayangkan akan jadi chef."

Arnold: "Saya bermimpi jadi pengusaha yang bekerja di kantor."

Arnold, mengapa memutuskan untuk membagi waktu antara Sydney dan Jakarta di tahun 2010? Kapan Anda belajar mengenai masakan Indonesia?

Arnold: "Saya memutuskan untuk pindah ke Indonesia karena ditawari pekerjaan di sebuah restoran kecil di sana. Ini adalah kesempatan bagi adanya perubahan, dan kesempatan untuk mengenal kembali akar Indonesia saya."

Masakan Indonesia selalu menjadi bagian yang saya kenal, sebagai makanan sehari-hari saya. Saya juga belajar lebih banyak lagi mengenai masakan Indonesia, dengan berkelana ke berbagai tempat.

Tropical Beet dessert by KOI
Tropical Beet dessert by KOI Supplied: Reynold Poernomo

Arnold, anda menjadi juri di MasterChef Indonesia dan MasterChef Junior. Apa yang sama dan berbeda dalam format acara ini di Australia dan di Indonesia?

Arnold: "Ini adalah acara yang dibeli dan ditayangkan di banyak negara di dunia. Format kompetisi sama, namun peserta dan masakan dari setiap negara berbeda. Di versi Indonesia ada saatnya peserta harus memasak masakan tradisional Indonesia.

Reynold, apa yang mengejutkan dari menjadi peserta MasterChef Australia sampai kemudian menjalankan bar dessert di Sydney ?

Reynold: "Hal yang paling mengejutkan adalah betapa cepatnya waktu berlalu, dan seberapa banyak terjadinya perubahan dalam hidup saya hanya dalam waktu kurang dari satu tahun.

Saya mempunyai rencana 10 tahun untuk membuka bar dessert sendiri. Dan semuanya terjadi begitu cepat, sehingga kadang seperti menakutkan, namun juga merupakan keberhasilan hebat dimana saya bangga bisa melakukannya.

- Reynold Poernomo

Ibu anda berdua memiliki bisnis catering di Sydney yang berarti anda sudah mengenal dunia industri makanan sejak muda. Apa yang anda pelajari dari bisnis keluarga ini?

Arnold: "Kedua orang tua saya sudah lama terlibat dalam bisnis restoran. Saya sudah melihat semua sisi bisnis ini, yang bagusnya, yang buruk, keberhasilan, kegagalan."

Reynold: "Melihat apa yang dilakukan ibu saya mengajarkan saya bahwa kerja keras pasti akan membuahkan hasil. Dia merupakan pekerja paling keras dalam keluarga. dan juga paling kreatif. Dia adalah seseorang yang saya kagumi.

Yakuzu dessert by KOI
Makanan penutup Yakuzu oleh KOI.Supplied: Reynold Poernomo

Reynold, keluarga anda tidak terlalu antusias Anda menjadi chef dan peserta MasterChef. Bagaimana anda mengyakinkan mereka?

Reynold: "Saya sebelumnya menerima bahwa mereka tidak mau saya menjadi chef, karenanya saya belajar mengenai ilmu gizi di universitas, namun pada akhirnya makanan adalah hal yang selalu membuat saya kembali.

Apa masakan yang anda sukai ketika mencoba makanan di Indonesia ?

Reynold: "Ketika mengunjungi kota kelahiran saya, Surabaya, ada berbagai makanan yang saya sukai seperti burung dara, kikil kambing, ayam goreng dan bakso."

Arnold: "Indonesia memiliki berbagai jenis masakan.

Yang saya sukai adalah mencoba masakan tradsional di setiap kota di Indonesia yang saya kunjungi. Saya kira di Indonesia ada 260 jenis sambal berbeda, yang juga menjadi kesukaan yang tidak ada habisnya untuk dinikmati.

- Arnold Poernomo

Ketika di rumah makanan apa yang anda buat untuk dimakan sendiri ?

Reynold: "Jujur saja, saya tidak lagi punya waktu untuk masak di rumah, karena saya selalu bekerja. Kalau ada waktu memasak, saya akan membuat mie goreng. "

Arnold: "Masakan yang sederhana, tergantung apa yang tersedia di kulkas. Namun yang pasti 100 persen harus ada sambal. "

Citrus Cheesecake by KOI
Makanan penutup Citrus Cheesecake oleh KOI Supplied: Reynold Poernomo

Bayangkan anda berkesempatan mengadakan pesta BBQ di mana saja di Australia. Bila kamu bisa mengundang tiga orang warga Australia (baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal), siapa mereka? Apa yang akan disajikan dan dimana akan diadakan ?

Arnold: "Saya akan mengundang seorang teman dekat dari masa sekolah dulu, Tom, dan Steve Irwin dan Hugh Jackman. Saya kira mereka adalah tamu yang 'cool'. Dan Steve akan menjadi karakter menarik untuk hadir di acara BBQ.

Yang akan disajikan adalah masakan laut dan daging. Bir juga harus ada. Akan diadakan di pinggir sungai di Tasmania, atau di mana saja di pantai."

Apa nasehat anda bagi anda sendiri ketika berusia 15 tahun?

Reynold: "Selalu tegakkan kepala anda dan jangan berhenti bermimpi."

Arnold: "Tidak ada sesuatu yang terlalu besar atau tidak bisa dicapai."



(nwk/nwk)