Rahasia Pelajar Indonesia Jadi Mahasiswa International Teladan di Australia

Australia Plus ABC - detikNews
Jumat, 04 Mar 2016 17:15 WIB
Jakarta -

Harriyadi Irawan, pernah meraih gelar Victorian International Student of The Year 2014. Ia mengatakan apa yang telah dilakukannya akan membuka banyak kesempatan di masa depan.

Harriyadi sudah menamatkan gelar Advanced Diploma di bidang Hospitality dari William Angliss Institiute di kota Melbourne Australia.

Ia merasa sangat beruntung untuk bisa mempelajari ilmu dan kajian yang berhubungan dengan industri pariwisata dan perhotelan di kota Melbourne.

"Melbourne adalah kota yang tepat karena menjadi tujuan wisata yang paling popular di benua Australia," ujar Harriyadi kepada Erwin Renaldi.

"Disini juga banyak kesempatan untuk penempatan kerja dan magang, jadi setelah lulus nanti bukan hanya mendapatkan pengetahuan tapi dengan keterampilan dan pengalaman di bidang ini."

Di tahun 2014, ia mendapat gelar setara dengan Mahasiwa Internasional Teladan di negara bagian Victoria.

Setiap tahunnya, pemerintah negara bagian Victoria memberikan gelar ini sebagai bentuk pengakuan terhadap keberadaan mahasiswa internasional.

Ada empat kriteria yang dinilai, yakni memiliki prestasi akademis, aktif di kemasyarakatan, menjadi teladan bagi mahasiswa internasional lainnya, serta berkontribusi terhadap sekolah atau universitas dimana mahasiswa itu belajar.

Bagi Harriyadi aktif bekerja sama dengan komunitas, seperti bekerja secara sukarela membantu komunitas tertentu, akan bermanfaat di masa depan.

"Saat kita mencoba lakukan hal yang baik, akan mendapat tanggapan baik sebagai balasannya," ujarnya yang kini sedang meneruskan sarjana di bidang Tourism and Hospitality Managment di William Angliss Institute.

Simak wawancara bersama Harriyadi dengan menonton video berikut ini.



(nwk/nwk)