NSW Larang Penjualan Rokok Elektronik Bagi Pembeli di Bawah 18 Tahun

ADVERTISEMENT

NSW Larang Penjualan Rokok Elektronik Bagi Pembeli di Bawah 18 Tahun

Australia Plus ABC - detikNews
Selasa, 01 Sep 2015 10:12 WIB
Jakarta -

Pemerintah negara bagian New South Wales (NSW), Australia terhitung mulai 1 September 2015, akan melarang penjualan rokok elektronik bagi mereka yang berusia di bawah usia 18 tahun.

Rokok eletronik atau "E-cigarettes" adalah sebuah alat elektronik yang digerakkan dengan batere yang memanaskan cairan yang antara lain berisi nikotin, yang kemudian menciptakan uap yang dihirup penggunanya.

Bulan lalu, pemerintah NSW meloloskan peraturan untuk menutup kekhawatiran bahwa 'e-cigarette' ini bisa menjadi pintu bagi anak-anak untuk menjadi perokok.

Hukum yang mulai berlaku akan diterapkan dalam dua tahapan, dengan pelarangan bagi penjualan rokok elektronik tersebut bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun mulai berlaku bersamaan juga dengan lokasi dimana mesin penjual rokok tersebut boleh ditempatkan.

NSW melarang penjualan rokok elektronik bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun.
NSW melarang penjualan rokok elektronik bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun.


;

Polisi juga diberi kewenangan untuk menyita alat penghisap ini dari siapa saja yang berusia di bawah 18 tahun.

Mulai 1 Desember 2015, mengisap rokok elektronik (proses yang dikenal dengan istilah vaping) akan dilarang didalam kendaraan, dan juga pembatasan iklan dan penjualan alat merokok tersebut.

CEO Yayasan Jantung NSW Kerry Doyle mengatakan bahwa publik harus dilindungi dari bahan kimia yang ada dalam rokok elektronik tersebut.

"Masalah dengan rokok elektronik ini adalah kita tidak tahu apa saja kandungannya." katanya.

"Yang sudah kami ketahui adalah bahwa di NSW dari banyak rokok yang sudah diuji oleh departemen kesehatan kami, berisi nikotin, yang adalah racun."

"Jadi yang sudah kita ketahui isinya tidak bagus, dan yang lainnya belum kita ketahui."

Doyle sendiri pernah mengalami melihat orang lain mengisap rokok elektronik tersebut.

"Saya beberapa waktu lalu sedang berdiri di sebuah stasiun kereta, dan di sebelah saya seorang wanita muda mengisap rokok elektronik, dengan uap yang keluar dari mulutnya, seperti kebakaran kecil." kata Doyle.

(nrl/nrl)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT