DetikNews
Jumat 11 Oktober 2013, 14:03 WIB

Australia Luncurkan Fasilitas Pembeku Tanaman Terancam Punah

- detikNews
Jakarta - Sebuah fasilitas penyimpanan canggih yang dilengkapi pendingin bersuhu rendah dibuka di Taman Mount Annan, New South Wales, untuk melestarikan tanaman asli Australia yang hampir punah.

Peluncuran cryogenic, nama fasilitas pendingin itu, dilakukan Jumat (11\/10\/2013) dan menelan biaya 19,8 milyar dollar Australia. <\/span>Unit ini akan menyimpan sampel-sampel beku tanaman asli Australia hingga waktu tak terhingga. Kata ‘cryogenic\\\' berarti proses yang melibatkan suhu amat rendah.

Sekitar setengah dari spesies tumbuhan di dunia diperkirakan terancam punah, dan 14 persen dari spesies-spesies tersebut berada di Australia. Unit cryogenic ini diharapkan akan melindungi tumbuhan-tumbuhan tersebut.

“Kami ingin melindungi dan menyimpan tumbuh-tumbuhan ini secara cryogenic, hingga di masa depan para ilmuwan dapat menggunakan [sampel-sampel] untuk menumbuhkan tanaman lain dan mungkin memproduksi makanan masa depan,” jelas Menteri Lingkungan Hidup New South Wales, Robyn Parker.

Menurut Robyn, penting bahwa tanaman-tanaman yang terancam punah itu diawetkan. Bank suhu rendah di New South Wales tersebut direncanakan akan menyimpan dan mengawetkan seluruh 25.000 spesies tanaman yang ada di Australia. ;





(nwk/nwk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed