Rabu, 26/03/2014 10:03 WIB

Tanya KPU

Kenapa Pemilu 9 April Ditetapkan Sebagai Hari Libur?

Nita Rachmawati - detikNews
Jakarta - Q: Kenapa pemilu 9 April ditetapkan sebagai hari libur?

A: Pertama agar seluruh masyarakat yang berhak memilih dapat terlibat secara aktif dalam pemilu. Kedua, menjunjung asas luber (langsung, umum, bebas, rahasia), jurdil (jujur dan adil). Ketiga ini rutinitas 5 tahunan dalam rangka memlih pemimpin bangsa di legislatif dan eksekutif.

Ketentuan itu tertuang dalam UU 8 tahun 2012 tentang pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD. Pasal 4 ayat (3) berbunyi: "Pemungutan suara dilaksanakan pada hari libur atau hari yang diliburkan secara nasional."


Komisioner KPU,

Ferry Kurnia Rizkiyansyah



Ikuti berbagai peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 16.45 WIB

(nit/van)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 14/09/2014 14:52 WIB
    Lulung: Yang Penting Pak Ahok Manis Bicara, Ai Dukung
    Gb Haji Lulung mengaku sudah tidak ada masalah dengan Ahok yang bersuara keras soal kebobrokan DPRD jika pilkada tidak dilakukan langsung. Dia mengingatkan Ahok berhati-hati bicara sehingga tidak ada yang tersinggung.
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
42%
Kontra
58%