detikcom

Rabu, 26/03/2014 10:03 WIB

Tanya KPU

Kenapa Pemilu 9 April Ditetapkan Sebagai Hari Libur?

Nita Rachmawati - detikNews
Jakarta - Q: Kenapa pemilu 9 April ditetapkan sebagai hari libur?

A: Pertama agar seluruh masyarakat yang berhak memilih dapat terlibat secara aktif dalam pemilu. Kedua, menjunjung asas luber (langsung, umum, bebas, rahasia), jurdil (jujur dan adil). Ketiga ini rutinitas 5 tahunan dalam rangka memlih pemimpin bangsa di legislatif dan eksekutif.

Ketentuan itu tertuang dalam UU 8 tahun 2012 tentang pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD. Pasal 4 ayat (3) berbunyi: "Pemungutan suara dilaksanakan pada hari libur atau hari yang diliburkan secara nasional."


Komisioner KPU,

Ferry Kurnia Rizkiyansyah



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(nit/van)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Biarkan Ahok Pilih Pendampingnya Pimpin DKI

Siapa bakal pendamping Plt Gubernur DKI Ahok? Masih menjadi pro kontra antara parpol di DPRD DKI dan Kemendagri. Kemendagri memastikan Plt Gubernur DKI Basuki T Purnama atau Ahok menjadi Gubernur menggantikan Joko Widodo. Setelah diberhentikan sebagai Wagub dan Plt Gubernur dan diangkat menjadi Gubernur, Ahok bisa memilih dua orang untuk menjadi wakilnya. Bila Anda setuju dengan Kemendagri, pilih Pro!
Pro
76%
Kontra
24%