Jumat, 14/02/2014 12:39 WIB

Abu Gunung Kelud Bisa Saja Sampai Jakarta

Erna Mardiana - detikNews
Bandung - Dahsyatnya letusan Gunung Kelud di perbatasan Kediri, Malang, dan Blitar membuat dampak yang luar biasa. Abunya menyebar kemana-mana, hingga Kota Bandung. Apakah mungkin abunya sampai Jakarta?

"Ya bisa saja (sampai Jakarta), kalau ke Bandung sekarang sudah sampai. Tergantung angin. Saat ini anginnya ke arah Barat, makanya Bandung kena, kalau anginnya terus berhembus ke Jakarta, bisa saja Jakarta kena. Tapi ya tipis sama kaya Bandung," ujar Pelaksana Tugas Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Gede Suantika saat dihubungi detikcom melalui telepon, Jumat (14/2/2014). Saat ini Gede tengah berada di daerah Gunung Kelud.

Ketinggian letusan Gunung Kelud mencapai 17 kilometer dengan memuntahkan 100 juta hingga 120 juta material vulkanik. "Pasir vulkanik, debu vulkanik. Dengan ketinggian seperti itu, wajar hujan abu ke mana-mana," ujar Gede.

Gede memprediksi hujan abu akan berlangsung hingga dua hari. "Lama-lama intensitasnya akan menurun, paling nanti sekitar kawah saja. Kediri tadi malam hujan pasir, sekarang sudah hujan abu," ungkapnya.

Hingga kini statusnya masih di level 4, yaitu siaga. Karena itu, PVMBG mengimbau warga tak boleh mendekat dalam radius 10 kilometer. "Nanti akan kita evaluasi lagi, kalau sudah aman, radiusnya kita perpendek," terangnya. Namun ia tak bisa memprediksi kapan itu terjadi.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(ern/ndr)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 19/10/2014 19:41 WIB
    Iriana Bicara tentang Gaya, Media Sosial, Burung hingga Diri Sendiri
    Gb Iriana, tidak lama lagi akan menjadi Ibu Negara. Banyak yang penasaran akan sosoknya. Iriana, yang cenderung tak banyak berbicara, kali ini bersedia menjawab pertanyaan. Mulai soal gaya, hobi merawat burung hingga tentang dirinya sendiri. Seperti apa?
ProKontra Index »

Tak Perlu Arak-arakan Pesta Rakyat Saat Pelantikan Jokowi

Relawan Jokowi-JK akan menggelar pesta rakyat saat pelantikan presiden dan wapres pada 20 Oktober 2014 nanti dimulai dari Semanggi dan berakhir di Monas. Kapolri Jenderal Sutarman menyarankan tidak perlu ada acara arak-arakan seperti itu. "Saya sarankan tidak perlu arak-arakan, saya kira tidak perlu. Mungkin kalau bersyukur, bersyukur berdoa saja, enggak perlu arak-arakan," kata Kapolri. Bila Anda setuju dengan Kapolri, pilih Pro!
Pro
36%
Kontra
64%