detikcom
Sabtu, 05/10/2013 13:28 WIB

Topan Dahsyat Fitow Dekati Jepang, Jadwal Penerbangan Dibatalkan

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews
Ilustrasi
Tokyo - Tiga negara di kawasan Asia Timur, yakni Jepang, Taiwan dan China bersiap menghadapi topan dahsyat yang diberi Topan Fitow. Sejumlah penerbangan international dan domestik terpaksa dibatalkan akibat cuaca buruk.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan bahwa topan ini membawa hujan deras dan angin kencang yang berdampak cukup hebat seperti layaknya tornado. Topan Fitow kini tengah bergerak ke arah barat laut secara perlahan.

Diprediksi, topan ini bergerak mendekati wilayah Naha, Okinawa. Demikian seperti dilansir AFP, Sabtu (5/10/2013).

Sejumlah maskapai penerbangan ternama Jepang, seperti Japan Airlines dan All Nippon Airways serta maskapai low-cost carrier Peach Aviation membatalkan jadwal penerbangan dari dan ke Naha karena topan ini.

Maskapai penerbangan Hong Kong, Dragonair juga membatalkan seluruh jadwal penerbangan menuju Okinawa sebagai antisipasi atas topan ini.

Pasca mendatangi Jepang, topan ini diprediksi akan bergerak mendekati wilayah Taiwan pada Minggu (6/10) besok. Otoritas Taiwan sendiri sudah mengeluarkan peringatan bagi warganya terkait topan. Diprediksi topan Fitow ini akan bergerak ke wilayah utara Taiwan. Biro Prakiraan Cuaca Pusat Taiwan menuturkan, topan ini bisa bertambah kuat ketika mendekati wilayah Taiwan, dengan kecepatan 137 km per jam.

"Fitow mempertahankan kekuatannya dan akan membawa hujan deras ke wilayah utara dan timur laut Taiwan, terutama Taipei dan New Taipei. Dampak paling parah diperkirakan akan terjadi pada Minggu (6/10) pagi," demikian pernyataan Biro Prakiraan Cuaca Taiwan.

Sementara itu, otoritas China juga telah mengeluarkan peringatan karena topan Fitow diprediksi bergerak menunju wilayah China, setelah Taiwan. Otoritas setempat memperkirakan, topan ini melanda pantai tenggara China pada Minggu (6/10) malam.

Pusat Meteorologi Nasional China mengeluarkan peringatan oranye, yang merupakan level tertinggi kedua dari empat level peringatan topan. Diperkirakan, topan yang membawa hujan deras ini akan mencapai wilayah Zhejiang dan Fujian terlebih dahulu.

Topan Fitow ini melanda selang dua minggu usai topan Usagi melanda wilayah yang sama. Topan Usagi yang disebut sebagai topan terparah sepanjang tahun 2013 ini merenggut 25 nyawa di China.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(nvc/gah)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
67%
Kontra
33%